STRATEGI PELAYANAN PERPUSTAKAAN UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO KEPADA MAHASISWA MELALUI INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Tofianti Nurulita, Widiasih (2022) STRATEGI PELAYANAN PERPUSTAKAAN UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO KEPADA MAHASISWA MELALUI INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tofianti Nurulita W_Strategi Pelayanan Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto kepada Mahasiswa melalui Instagram di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sebagai perpustakaan perguruan tinggi yang menjadi penunjang informasi dan minat mahasiswa harus tetap mampu untuk memberikan pelayanan terbaiknya meskipun di masa pandemi Covid-19.Pelayanan juga merupakan salah satu bentuk aktifitas komunikasi karena ketika melayani terdapat proses pemberian informasi atau pesan oleh komunikator kepada komunikan yaitu antara pustakawan dengan pemustaka. Melalui media sosial Instagramyang bernama @uinsaizulibrary, Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri berupaya untukmelayani mahasiswa. Tujuan daridilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri kepada mahasiswa melalui Instagram di masa pandemi Covid-19.Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datamelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelayanan yang dijalankan oleh Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri kepada mahasiswa melalui Instagram di masa pandemi Covid-19adalah dengan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mahasiswa di Instagram melalui strategi relationship marketing dengan cara fokus pada bentuk layanan yang ada, melakukan sosialisasi layanan sesering mungkin, berusaha memberikan pelayanan dengan cara merespon secara cepat pertanyaan dari mahasiswa, mengatasi dan menindaklanjuti keluhan yang datang, serta peningkatan kinerja dengan cara memilih staf perpustakaan yang paham dan akrab dengan media sosial Instagram. Berdasarkan strategi pelayanan yang dilakukan oleh Perpustakaan UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri belum seluruhnya optimal, karena terdapat faktor penghambat di dalamnya, dimana admin Instagram @uinsaizulibrary masih memiliki tugas utama lain, bukan hanya fokus pada media sosial Instagram. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Perpustakaan, Instagram, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Perpustakaan, Instagram, Covid-19
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum > 2x6.85 Jaringan Informasi Islam
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Tofianti Nurulita Widiasih
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:08
Last Modified: 24 Feb 2022 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item