STRATEGI TAKMIR DALAM MEMAKMURKAN MASJID AGUNG NUR SULAIMAN DESA SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

Fitri, Nuraeni (2022) STRATEGI TAKMIR DALAM MEMAKMURKAN MASJID AGUNG NUR SULAIMAN DESA SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_ Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fitri Nuraeni_Strategi Takmir Dalam Memakmurkan Masjid Agung Nur Sulaiman Desa Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas merupakan salah satu masjid cagar budaya yang telah bersertifikat Nasional oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Masjid ini berada di desa Sudagaran kecamatan Banyumas kabupaten Banyumas. Masjid Agung ini memiliki banyak keunikan dan memiliki nilai histori sejarah kabupaten Banyumas. Masjid juga merupakan tempat ibadah dan pusat dari segala kegiatan. Dalam memakmurkan masjid dibutuhkan takmir yang aktif dan juga mencintai masjid. Selain itu, para takmir juga harus mempunyai inovasi-inovasi yang dilakukan agar masjid dapat makmur. Dengan adanya inovasi yang dilakukan maka akan menjadi daya tarik masyarakat untuk pergi atau berkunjung ke masjid. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi takmir yang dilakukan oleh Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas dalam memakmurkan masjid tersebut. Metode yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Dimana pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait strategi takmir dalam memakmurkan masjid Agung Nur Sulaiman Desa Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggali sumber data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi takmir dalam memakmurkan masjid yaitu menggunakan strategi tawsi’ah dan strategi tarqiyah. Dalam pelaksanaannya strategi tawsi’ah ini belum maksimal. Sedangkan strategi tarqiyah ini sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan pembangunan melalui perawatan sarana dan prasarana serta penambahan sarana dan prasarana. Kegiatan Ibadah dengan mengadakan sholat berjamaah baik sholat lima waktu yang didalamnya ada sholat jum’at, sholat idul adha, sholat gerhana. Kegiatan keagamaan di Masjid Agung Nur Sulaiman yaitu dengan mengadakan pengajian rutin, peringatan hari besar Islam, dan adanya kegiatan remaja masjid. Kegiatan pendidikan yaitu dengan mengadakan TPQ di Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas. Ada juga kegiatan kesehatan yaitu posyandu balita dan lansia. Sedangkan kegiatan sosial kemasyarakatan yaitu dengan membantu masjid dan musholla sekitar, membantu musibah bencana alam disekitar masjid, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Namun, kegiatan ini belum sempurna dalam bidang ekonomi. Kata Kunci: Strategi, takmir, memakmurkan masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, takmir, memakmurkan masjid.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fitri Nuraeni sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:06
Last Modified: 24 Feb 2022 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item