PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

MERLINA RAHMAWANTI, NIM. 1223305074 (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MERLINA RAHMAWANTI_PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan para pelajar yang banyak kurang menyukai bahkan ada yang tidak suka dengan pelajaran Matematika karena mereka kebanyakan menganggap pelajaran Martematika suatu pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga menjadikan para pelajar tertekan dan depresi ketika mereka dipaksa untuk belajar Matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru sebagai salah satu yang berperan penting dalam proses pembelajaran berupaya dalam menciptakan metode atau cara baru dalam proses pembelajaran yaitu dengan metode bermain kreatif. Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Bermain Kreatif dalam Pembelajaran Matematika kelas III di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji, bertujuan untuk mengetahui begaimana penerapan metode bermain kreatif dalam proses pembelajaran matematika di kelas III. Dan mengetahui bagaimana langkah-langkah pada kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode bermain kreatif, jenis dan klasifikasi permainan, dan bentuk-bentuk bermain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yaitu menggunakan penelitian study kasus. Study kasus termasuk dalam penelitian analisis deskriptif, yaitu penelitian yng dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas.. Sumber data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung. Subyek yang diteliti yaitu Ibu Uli Maulida S.Pd.I selaku wali kelas III, Bapak Andi Wibowo S.Pd.I selaku waka kurikulum, dan siswa kelas III. Hasil analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu langkah-langkah dalam permainan meliputi persiapan diantaranya mempersiapkan bentuk permainan yang akan digunakan dalam pembelajaran, yang kedua prosedur pelaksanaan permainan, dan ketiga evaluasi hasil pembelajaran dengan menggunakan metode bermain kreatif. berbagai variasi metode bermain kreatif dalam pembelajaran Matematika, seperti bermain sosial, bermain drama, dan bermain dengan menggunakan benda. Jenis dan klasifikasi dari permainnan seperti kretivitas terhadap objek, permainan drama kreatif, gerakan kreatif, dan pertanyaan kreatif. Di harapkan bahawa nantinya hail dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pendidik dalam melakukan pembelajaran dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan sehingga siswa merasa senang dan tidak merasa tertekan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Kreatif, Pembelajaran Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:39
Last Modified: 06 Oct 2016 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item