PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD NEGERI KROYA 02 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Indra Adi Purbaya, NIM: 092331040 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD NEGERI KROYA 02 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
INDRA ADI PURBAYA_PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DI SD NEGERI KROYA 02 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Terjadi kemerosotan akhlak pada kalangan siswa dalam dunia pendidikan. hal ini disebabkan salah satunya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin canggih, akan tetapi berkembangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan penanaman nilai-nilai akhlak sebagai pondasi siswa dalam menghadapi perkembangan tersebut. Kerusakan akhlak sudah mewabah dikalangan siswa sekolah dasar, diantaranya merekatidakmembiasakan sholat lima waktu, sudah mengenal istilah pacaran, cenderung bertutur kata yang tidak baik, terkadang mereka juga bertingkah laku tidak sopan dan tidak patuh terhadap orang tua maupun gurunya, kebanyakan siswa tingkat sekolah dasar masih banyak yang belum hafal surat-surat pendek dan belum tahu simakan al Qur’an. Penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia sekolah dasar merupakan cara yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak sesuai dengan perkembangan siswa pada sekolah dasar. Persoalan yang dijawab dalam penelitian ini meliputi model, metode dan media yang berpedoman pada tujuan dan materi yang disampaikan. Penanaman nilai-nilai akhlak tersebut meliputi tiga ranah yaitu nilai akhlak kepada Allah SWT (Nilai Ilahiyah), nilai akhlak kepada sesama manusia (Nilai Insaniyah) dan nilai akhlak terhadap alam sekitar (Nilai Kauniyah). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai Akhlak di SD Negeri Kroya 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap? Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Model penanaman nilai-nilai akhlak di SD Negeri Kroya 02, yaitu langsung dan tidak langsung. 2) Metode penanaman nilai-nilai akhlak di SD Negeri Kroya 02 yaitu meliputi metode keteladanan, pembiasaan, perhatian dan pengawasan, nasihat, hukuman serta hadiah dan pujian. 3) Media penanaman nilai-nilai akhlak di SD Negeri Kroya 02 yaitu berupa media benda dan pergaulan. Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:49
Last Modified: 08 Jun 2016 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item