Pendidikan Pluralisme di Desa Banjarpanepen Kec. Sumpiuh Kab. Banyumas (Studi Toleransi Antar Umat Beragama)

Ade Kurnia Ramdhani, Ade (2022) Pendidikan Pluralisme di Desa Banjarpanepen Kec. Sumpiuh Kab. Banyumas (Studi Toleransi Antar Umat Beragama). Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ADE_KURNIA_RAMDHANI FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Toleransi antarumat beragama menjadi dasar kerukunan beragama dalam masyarakat. Sikap toleransi yang terbentuk tidak lepas dari peran pendidikan pluralisme yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan pluralisme di Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas sehingga tercipta toleransi antarumat beragama yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala desa, perangkat desa dan pemuka masing-masing agama. Hasil penelitian tentang pendidikan pluralisme di Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dengan studi toleransi antar umat beragama, yaitu: 1) Pendidikan pluralisme di Desa Banjarpanepen berasal dari eksternal dan internal. 2) Ekstrernal yang dimaksud adalah sebuah upaya pengembangan atau bimbingan dari pemerintah desa maupun pihak dari luar. 3) Internal yang dimaksud yaitu berupa ajaran dari masing-masing agama atau kepercayaan. 4) Dari pendidikan pluralisme yang ada, tertanam sikap toleransi antarumat beragama yang tercermin dalam kegiatan sosial, kebebasan beragama dan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pluralisme, Toleransi Antarumat Beragama.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 291 Comparative religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Kurnia Ramdhani sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:38
Last Modified: 26 Feb 2022 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item