UPAYA GURU MENINGKATKAN KEAKTIFAN IBADAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH

Siti Faridatuz, Zahro (2022) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEAKTIFAN IBADAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI FARIDATUZ ZAHRO_UPAYA GURU MENINGKATKAN KEAKTIFAN IBADAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV B MI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MI Muhammadiyah Kebutuh mengharuskan kepada setiap siswanya untuk rutin melaksanakan ibadah shalat dhuha dan shalat dzuhur yang dilaksanakan dengan cara berjamaah di mushola sekolah. Hal tersebut bertujuan supaya siswa terbiasa melaksanakan ibadah shalat sunnah dan wajib berjamaah dimanapun siswa berada. Namun pembiasaan agama yang diterapkan di sekolah belum bisa sepenuhnya menjamin siswa kelas IV B mampu melaksanakan ibadah dalam kehidupan sehari-harinya seperti shalat wajib secara aktif. Terdapat beberapa siswa yang masih belum menyadari akan kewajiban melaksanakan shalat 5 waktu dengan baik, padahal sudah menginjak usia dimana siswa tersebut ditekankan untuk melaksanakan shalat wajib setiap waktu. Pada usia anak-anak sangat penting untuk memberikan pengetahuan Fikih, terutama menjelang usia baligh. Pentingnya pembelajaran Fikih dalam lembaga Madrasah Ibtidaiyah adalah untuk menanamkan pengetahuan kepada siswa supaya paham mengenai hukum-hukum Islam yang berlaku baik ibadah mahdhah ataupun ghairu mahdhah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait dengan upaya guru dalam meningkatkan keaktifan ibadah siswa melalui pembelajaran Fikih kelas IV B MI Muhammadiyah Kebutuh. Penelitian ini dilakukan dengan cara riset lapangan, yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan tahap analisis menurut Milles dan Huberman yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan keaktifan ibadah siswa melalui pembelajaran Fikih kelas IV B MI Muhammadiyah Kebutuh yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan beberapa penguatan ibadah mahdhah yang menekankan pada keaktifan ibadah shalat. Guru melakukan peningkatan keaktifan ibadah siswa melalui pelajaran Fikih yang disampaikan dengan ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Hal tersebut berdampak positif dalam mencapai hasil belajar dan dapat meningkatkan keaktifan ibadah siswa. Melalui pembelajaran Fikih yang disampaikan guru di kelas, terjadi perubahan atas pengetahuan dan pemahaman siswa kelas IV B MI Muhammadiyah Kebutuh mengenai syarat wajib shalat sehingga mampu melaksanakan shalat lima waktu secara aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Ibadah Siswa, Pembelajaran Fikih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siti Faridatuz Zahro
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:38
Last Modified: 23 Feb 2022 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13171

Actions (login required)

View Item View Item