RELEVANSI MAQASID SYARIAH KONTEMPORER JASSER AUDA TERHADAP KEWENANGAN OTORITAS JASA KEUANGAN SEBAGAI LEMBAGA PENGAWAS PERBANKAN SYARIAH

Hafizh, Pandhitio (2022) RELEVANSI MAQASID SYARIAH KONTEMPORER JASSER AUDA TERHADAP KEWENANGAN OTORITAS JASA KEUANGAN SEBAGAI LEMBAGA PENGAWAS PERBANKAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HAFIZH PANDHITIO - SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perbankan diharapkan dapat menstabilkan perekonomian nasional dengan meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional. Pengawasan menjadi salah stau poin penting pada keberhasilan perbankan syariah menjalankan fungsinya tersebut. Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga indepenen memiliki kewenangan sebagai lembaga pengawas perbankan syariah. Mewujudkan kemashlahatan manusia merupakan tujuan syariah. Tujuan syariah ini berada pada maqasid syariah yang menjadi jantung pada ilmu Ushul fiqh. Jasser Auda salah satu ulama kontemporer menempatkan maqasid syariah sebagai prinsip mendasar dan metodologi fundamental dalam reformasi hukum Islam kontemporer. Jasser Auda, yang menggunakan maqasid syariah sebagai basis pangkal tolak filosofis berpikirnya dengan menggunakan pendekatan sistem sebagai pisau analisisnya. Studi dalam penelitian ini bertujuan Merelevansikan pemikiran filosofis Jasser Auda tentang maqasid syariah kontemporer terhadap kewenangan Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga pengawas perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data melalui telah literatur kemudian data diolah menggunakan metode historis dan deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukan kewenangan Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga pengawas syariah meliputi fungsi pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan. Otoritas Jasa Keuangan berkordinasi dengan Dewan Pengawas Syariah untuk mengawasi perbankan syariah dalam pemenuhan prinsip syariah. Realisasi kewenangan OJK dalam mengawasi perbankan syariah dari sudut pandang maqasid syariah pemikiran Jasser Auda melalui pisau analisis sistem untuk mempertahankan keterbukaan, pembaruan, realisme, dan keluwesan dalam kewenangan OJK sebagai lembaga pengawas perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbankan Syariah, Otoritas Jasa Keuangan, Maqasid Syariah, Jasser Auda
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.11 Dasar dan Sistem Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafizh Pandhito sdr
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:23
Last Modified: 23 Feb 2022 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item View Item