UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERTANYA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KECEPIT PUNGGELAN BANJARNEGARA

Adelia, Hestiningtiyas (2022) UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERTANYA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KECEPIT PUNGGELAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADELIA HESTININGTIYA_UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERTANYA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KECEPIT PUNGGELAN BANJARNEGARA-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seorang guru perlu menguasai keterampilan bertanya untuk menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Adanya virus COVID-19 di Indonesia, berdampak buruk pada sektor pendidikan yang mengakibatkan proses pembelajaran dilakukan secara daring tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengoptimalkan keterampilan bertanya selama proses pembelajaran daring. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian jenis lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas VI, dan siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kecepit. Sedangkan objek penelitian yang peneliti gunakan ialah upaya guru, keterampilan bertanya dan pembelajaran daring. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Berdasakan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam mengoptimalkan keterampilan bertanya selama proses pembelajaran daring pada siswa kelas VI di MI Muhammadiyah Kecepit berupa guru menyampaikan materi yang mampu merangsang siswa untuk bertanya. Dengan begitu, siswa akan mengalami kebingungan apabila tidak bertanya. Guru juga mengajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk memulai interaksi tanya jawab dengan siswa. Selanjutnya pemberian video pembelajaran, pemberian materi melalui gambar dan voice note (VN), diharapkan mampu membangkitkan repson siswa. Kata Kunci: Keterampilan Bertanya, Pembelajaran Daring, Upaya Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bertanya, Pembelajaran Daring, Upaya Guru
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adelia Hestiningtiyas sdri
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:25
Last Modified: 23 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item