HUBUNGAN EMPATI DENGAN PROSOSIAL PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN MUMTAZA PRAPAS

Wahyu, Santosa (2022) HUBUNGAN EMPATI DENGAN PROSOSIAL PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN MUMTAZA PRAPAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU SANTOSA_HUBUNGAN EMPATI DENGAN PROSOSIAL PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN MUMTAZA PRAPAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prososial merupakan perilaku menolong tanpa mengharapkan imbalan. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang untuk melakukan tindakan prososial. Salah satu faktornya ialah empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan empati dengan prososial pada remaja di Pondok Pesantren Mumtaza Prapas. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, Populasi yang diambil dalam penelitian ini ialah remaja yang ada di Pondok Pesantren Mumtaza Prapas, adapun teknik pengambilan sempel yang digunakan ialah total random sampling. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara empati dengan prososial pada remaja di Pondok Pesantren Mumtaza Prapas. Berdasarkan perolehan uji hipotesis di peroleh nilai r hitung sebesar 0,724. Kemudian nilai r tabel N = 60-2 dengan taraf signifikasi 5% maka di peroleh 0,254. Dengan demikian r hitung (0,724) > nilai r tabel (0,254). kemudian nilai signifikasinya 0,000 artinya nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif yang signfikan antara variabel X (Empati) dengan Variabel Y (Prososial).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Empati, Prososial, Pondok, Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wahyu Santosa sdr
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:21
Last Modified: 23 Feb 2022 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13133

Actions (login required)

View Item View Item