INTEGRASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM ANDALUSIA KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Nurohman, Nurohman (2022) INTEGRASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM ANDALUSIA KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurohman_Integrasi Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Andalusia Kebasen Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SMA Islam Andalusia Kebasen menjadikan integrasi sebagai ciri khas yang harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran integrasi bertujuan agar peserta didik mempunyai pemahaman yang integral dan selalu melibatkan keimanan kepada sang pencipta Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengkaji secara objektif, sistemis, dan mendalam terkait bagaimana pembelajaran integrasi sains dan agama pada mata pelajaran Pendidikan Islam di SMA Islam Andalusia Kebasen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif serta tekhnik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam tekhnik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan juga Penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep Integrasi Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA Islam Andalusia Kebasen dilaksanakan dengan cara diintegrasikan melalui penerapan nilai-nilai keislaman pada Sains. Adapun langkah-langkah integrasi Sains di SMA Islam Andalusia Kebasen dalam pembelajaran PAI sebagai berikut: a) Menjadikan Kitab Suci Sebagai Basis Atau Sumber Utama Ilmu; b) memperluas Batas Materi Kajian Islam dan Menghindari Dikotomi Ilmu; c) Menumbuhkan pribadi yang berkarakter Ulil Albab; d) Menelusuri ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang berbicara tentang sains; e) Mengembangkan kurikulum pendidikan di lembaga pendidikan. 2) Implementasi integrasi Sains dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Andalusia Kebasen Kabupaten Banyumas dilakukan dengan tipologi sains dan agama menurut Ian G. Barbour yaitu tipologi integrasi dalam pembelajaran yaitu guru mengambil tema besar mengenai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kemudian diintegrasikan atau diperkuat dengan keilmuan sains yang terbarukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Ilmu, Pendidikan Agama Islam, Sains, Ian G. Barbour
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurohman Nurohman sdri
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:57
Last Modified: 23 Feb 2022 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item