IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 02 WARUNGPRING KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AGHUS YASIN, NIM. 092334043 (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 02 WARUNGPRING KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AGHUS YASIN_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 02 WARUNGPRING KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi antara pengajar dengan satu atau lebih individu untuk belajar, direncanakan sebelumnya dalam rangka untuk menumbuhkembangkan pengembangan pengetahuan ketrampilan dan pengalaman belajar kepada peserta didik. Sedangkan pendidikan agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari tentang cara tindak tanduk dalam hukum-hukum Islam. Pelaksanaan pembelajaran sangat diwarnai oleh kejelasan tujuan, strategi pencapaian tujuan dan keterlibatan siswa dalam mencapai tujuan itu. Sinkronisasi dari tujuan, strategi, dan keterlibatan siswa akan dapat menentukan keberhasilan pembelajaran. Disamping itu, keberhasilan proses belajar mengajar juga dipengaruhi oleh sarana prasarana serta lingkungan dimana siswa itu belajar. Adapun salah satu indikator yang dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok. Berdasarkan observasi pendahuluan pada tanggal 4 januari 2012 diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 mendapatkan hasil yang belum memuaskan karena dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan guru Pendidikan Agama Islam belum menemukan cara, tekhnik atau metode yang sesuai dengan materi-materi yang disampaikan kepada siswa. Untuk itu diperlukan strategi-strategi yang dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa dalam mempelajari pelajaran Pendidikan Agama Islam serta guru pendidikan Agama Islam berupaya menerapkan bermacam-macam strategi diantaranya adalah strategi pair checks, card sort (sortir kartu), assessment search (menilai kelas), dengan demikian peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi strategi pembelajaran PAI SD N 02 Warungpring. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya dengan cara berfikir induktif xiii Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SD N 02 Warungpring kegiatan pembelajarannya melalui beberapa tahapan yaitu meliputi perencanaan, proses dan evaluasi. Dalam hal ini perencanaan guru Pendidikan Agama Islam telah menyusun RPP yakni merumuskan tujuan, materi, strategi, langkah-langkah pembelajaran, media dan sumber belajar, serta merencanakan evaluasinya. Pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan ulangan harian, praktek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:13
Last Modified: 03 Oct 2016 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item