PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDIT Cahaya Qur’ani Kecamatan Cihampelas di Kabupaten Bandung Barat)

Rona, Karismawati (2022) PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDIT Cahaya Qur’ani Kecamatan Cihampelas di Kabupaten Bandung Barat). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RONA KARISMAWATI_PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS SDIT CAHAYA QURANI DI KECAMATAN CIHAMPELAS KABUPATEN BANDUNG BARAT).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadikan dampak terhadap kehidupan manusia, khususnya pendidikan formal adalah salah satu komponen kehidupan manusia yang terdampak oleh serangan virus tersebut. Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan dengan tatap muka, secara tiba-tiba harus dilakukan secara daring dan pada saat tahap New Normal Pembelajaran menjadi belajar secara Luring. Selain kendala terhadap akses internet, sejumlah mata pelajaran yang berbasis praktik seperti PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring maupun luring. Metode peneletian ini berdasarkan penelitian mengkaji proses pembelajaran Tematik mata Pelajaran PJOK di masa pandemi covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan Studi Kasus melalui teknik pengumpulan data yakni Observasi, wawancara dan Dokumentasi, dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tematik mata pelajaran PJOK proses pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring juga pada saat pembelajaran terdapat kendala diantaranya dari segi media komunikasi situasi siswa dan keadaan siswa pada saat belajar PJOK. Namun pembelajaran PJOK memiliki potensi untuk dikembangkan di tengah masa pandemi covid-19 melalui model pembelajaran Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan) pada proses pembelajaran daring media yang digunakan adalah Handphone dengan aplikasi Whatsapp, Youtube, maupun Video Tutorial dari guru dan buku tema. sedangkan media pada saat pembelajaran mata pelajaran PJOK pada saat luring dengan menggunakan buku panduan sesuai materi yang akan di pelajari. Untuk pembelajaran daring dan luring menggunakakan Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative Learning, Discovery, Problem Based Learning, aasynchronous Learning, Synchrous Leaening, dan metode ceramah, permaianan dan penugasan. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Daring, Luring dan mata pelajaran PJOK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Daring, Luring dan mata pelajaran PJOK
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rona Karismawati sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:56
Last Modified: 22 Feb 2022 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item View Item