LEGALITAS PENGGUNAAN DINAR DAN DIRHAM DALAM BERTRANSAKSI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM INDONESIA (Studi Kasus di Pasar Muamalah Yogyakarta)

Ragil, Nur Fajriyati (2022) LEGALITAS PENGGUNAAN DINAR DAN DIRHAM DALAM BERTRANSAKSI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM INDONESIA (Studi Kasus di Pasar Muamalah Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAGIL NUR FAJRIYATI_LEGALITAS PENGGUNAAN DINAR DAN DIRHAM DALAM BERTRANSAKSI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM INDONESIA (Studi Kasus di Pasar Muamalah Yogyakarta)_031602.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar Muamalah Yogyakarta merupakan pasar yang dalam operasionalnya menerapkan prinsip muamalah sesuai dengan kaidah syariat. Pasar ini melarang adanya praktik riba dalam setiap transaksi jual beli, tidak ada biaya sewa dan pajak, tidak ada klaim tempat (booking). Selain itu, alat pembayaran di pasar ini adalah menggunakan dinar dan dirham yang timbangan berat dan ukurannya telah disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW. Namun dengan adanya sistem transaksi tersebut, apakah hal itu diperbolehkan menurut ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia atau tidak dan bagaimana status akad jual belinya sehingga perlu dikaji kelegalitasannya. Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu suatu bentuk penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi secara langsung sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Sumber data primer diperoleh melalui metode wawancara antara peneliti dengan pengelola dan beberapa pedagang dan pembeli di pasar Muamalah Yogyakarta, dan data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, jurnal penelitian, artikel>, undang-undang yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hukum ekonomi syariah, praktik jual beli menggunakan dinar dan dirham di pasar Muamalah Yogyakarta telah sepenuhnya memenuhi rukun dan syarat jual beli serta telah mendapat kesepakatan dari para pihak dalam penggunaannya. Karena pada dasarnya jual beli yang dilakukan di Pasar Muamalah Yogyakarta seperti jual beli barter dengan menggunakan dinar dan dirham yang merupakan suatu komoditas yang masuk dalam kategori barang, bukan mata uang. Oleh karena itu jual beli menggunakan dinar dan dirham di Pasar Muamalah Yogyakarta hukumnya sah dan diperbolehkan. Namun, transaksi jual beli ini bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia yang mengatur bahwa setiap perbuatan yang mempunyai tujuan pembayaran jika dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan rupiah serta dilarang menolak untuk menerima rupiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Uang, Dinar dan Dirham, Islam, Pasar Muamalah Yogyakarta
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ragil Nur Fajriyati
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:21
Last Modified: 23 Feb 2022 02:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item