KASUS MALPRAKTEK ANESTESI PERSPEKTIF PERATURAN KEMENTRIAN KESEHATAN NO. 18 TAHUN 2016 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK PENATA ANESTESI (Studi Analisis Putusan Praperadilan Nomor 3/Pid.Prap/2018/PnTjk)

Lutfiah, Lutfiah (2022) KASUS MALPRAKTEK ANESTESI PERSPEKTIF PERATURAN KEMENTRIAN KESEHATAN NO. 18 TAHUN 2016 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK PENATA ANESTESI (Studi Analisis Putusan Praperadilan Nomor 3/Pid.Prap/2018/PnTjk). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB 1 PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.. LUTFIAH pdf.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUTFIAH_KASUS MALPRAKTEK ANESTESI PERSPEKTIF PERATURAN KEMENTRIAN KESEHATAN TAHUN 2016 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK PENATA ANESTESI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Malpraktek merupakan suatu kesalahan dan kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dalam melaksanakan profesinya yang tidak sesuai dengan standar profesinya dan standar prosedur operasional, akibat kesalahan atau kelalaian tersebut pasien menderita luka berat, cacat, bahkan meninggal dunia. Hal ini bukan hanya terjadi di Rumah Sakit tetapi juga terjadi di Klinik Kecantikan dimana profesi Dokter spesialis menjadi tolak ukur apabila ada pasien yang akan melakukan treatment. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), sehingga mengambil dan mengolah data dari sumber-sumber kepustakaan seperti buku-buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif (normatif yuridis) atau penelitian doktrinal. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode dokumentasi yakni data-data yang dikumpulkan dari sumber sumbernya, seperti Peraturan Kementrian Kesehatan No.18 Tahun 2016, Putusan Praperadilan No. 3/Pid.Prap/2018/PnTjk, Undang-undang, dan Buku-buku. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (Content Analysis), yaitu suatu teknik dipergunakan dalam menganalisis terhadap isi suatu informasi secara tertulis yang bertujuan untuk menarik kesimpulan dari informasi yang dianalisis tersebut. Penelitian ini menunjukan bahwa pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara Praperadilan bahwa Dokter Roboot yang diduga melakukan Tindak Pidana Malpraktek bidang Kedokteran dianggap bebas karena adanya tindakan penghentian penyidikan oleh Kepolisian yang menggap Elyana Subekti sebagai Pemohon ialah kurang cukup bukti kurang tepat karena menurut implementasi isi dari Putusan Praperadilan No. 3/Pid.Prap/2018/PnTjk terhadap Peraturan Kementrian Kesehatan pasal 11 ayat (1) (2) dan (3) kurang di terapkan oleh dokter, hal tersebut hanya mencakup bagian dari Praanestesi saja, sedangkan dalam Peraturan Kementrian Kesehatan No. 18 Tahun 2016 ada tiga tahapan yang berarti tahapan Intraanestesi dan Pascaanestesi kurang diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Malpraktek, Anestesi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.7 Hukum Internasional
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Lutfiah Lutfiah sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:40
Last Modified: 22 Feb 2022 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item