Implementasi Blanded Learning Pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas III B MI Ma'arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Nisafatun, Mukaromah (2022) Implementasi Blanded Learning Pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas III B MI Ma'arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nisafatun Mukaromah_Implementasi Blanded Learning Pada Pembelajaran Tematik Integratif.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) akibat pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir. Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, pembelajaran dengan metode daring juga memberikan banyak keuntungan seperti meningkatkan tingkat ingatan, memberikan lebih banyak pengalaman belajar dengan teks, audio, video dan animasi yang semuanya digunakan untuk menyampaikan informasi serta memberikan kemudahan dalam menyampaikan berbagai materi. Akan tetapi jika pembelajaran hanya dilakukan secara daring secara terus menerus maka akan menimbulkan banyak kendala sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Namun jika pembelajaran dilaksanakan secara luring saja juga belum diperbolehkan mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Akan lebih baik jika proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan kedua metode tersebut secara bergantian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian secara langsung atau biasa disebut juga dengan field research. Penulis mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triagulasi dan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan Blanded Learning pada Pembelajaran Tematik Integratif di kelas III B MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas melalui teknik pengumpulan data serta mengolah dan menganalisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Blanded Learning pada Pembelajaran Tematik Integratif di kelas III B MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas sudah berjalan dengan baik. Siswa ikut berpartisipasi dan aktif dalam proses pembelajaran baik luring maupun daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru dan siswa menggunakan aplikasi Whatsapp (Group) dan Zoom. Pada pembelajaran daring, guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran luring dan daring, Pandemi Covid-19
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisafatun Mukaromah sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:32
Last Modified: 22 Feb 2022 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item