IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MAOS KABUPATEN CILACAP

YULIA ISTIQOMAH, NIM 1223308053 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MAOS KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
YULIA ISTIQOMAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DALAM PEM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)

Abstract

Pokok bahasan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran integratif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Maos Kabupaten Cilacap. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran dengan menerapkan langkah-langkah ilmiah yang mengupayakan peserta didik dapat berperan aktif dalam belajar, menggali, memperoleh informasi yang didapatkan dari beragam hal dan kemudian mengelolanya. Model pembelajaran integratif adalah suatu model dalam pembelajaran dengan mengaitkan atau menghubungkan materi dalam satu bidang studi ataupun antar materi mata pelajaran lain yang diintegrasikan. Bagaimana mempelajari materi Pendidikan Agama Islam dengan langkah-langkah ilmiah, untuk kemudian dikaitkan dengan materi pelajaran yang lainnya. Apabila biasanya proses pembelajaran dilakukan searah oleh guru saja melalui model ceramah, maka pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik disini siswa diupayakan untuk aktif berinteraksi dalam pembelajaran melalui langkah-langkah ilmiah sekaligus dapat mengetahui kaitan dan hubungan materi pelajaran yang sedang dipelajari dengan materi pelajaran yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau filed research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan, sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif yaitu pola pikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dari kenyataan yang ada kemudian disimpulkan secara umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Observasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran integratif dilakukan di kelas IX D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik telah diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model pembelajaran integratif yang diterapkan adalah model keterhubungan (connected model) dan model terpadu (integrated model). Langkah-langkah pembelajaran mulai dari mengamati, menanya, melakukan eksperimen, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan dilakukan oleh siswa dengan pendampingan dan penjelasan dari guru. Proses pembelajaran menggunakan bantuan media visual berupa proyektor yang mendukung siswa dalam proses pengamatan. Model pembelajaran integratif dengan model keterhubungan (connected model) diterapkan dalam pembelajaran materi Aqiqah dan Kurban, sementara model pembelajaran integratif dengan model terpadu (integrated model) diterapkan dalam pembelajaran materi Tasamuh. Peranan guru adalah sebagai fasilitator dan mediator bagi siswa sekaligus mengarahkan bentuk model pembelajaran integratif yang digunakan. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Integratif, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:07
Last Modified: 03 Oct 2016 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item