PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2019

Tiara, Puja Ramadhani (2022) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2019. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TIARA PUJA RAMADHANI_PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan bank syariah di Indonesia periode 2015-2019 yang diproksikan melalui ROA (Return On Asset) dan ROE (Return On Equity).Pengukuran dari Intellectual Capital yaitu VAIC (Value Added Intellectual Coefficientl) dan VAIC memiliki tiga komponen yang terdiri dari VACA (ValueAdded Capital Employed), VAHU (Value Added Human Capital) dan STVA(Structural Capital Value Added). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan kriteria Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia, menyediakan laporan keuangan triwulan pada periode 2015-2019, memiliki laporan keuangan yang lengkap dan jelas, memiliki nilai value added positif dan tidak melalukan merger dalam waktu dekat ini. Maka, total sampel yang diuji sebanyak 5 Bank Umum Syariah. Metode penelitian yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel VACA dan STVA berpengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE, sedangkanvariabel VAHU tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE. Kemudian hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel VAIC yang terdiri dari VACA, VAHU, STVA mempunyai pengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE.Pada analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh VACA, VAHU dan STVA terhadap ROA sebesar 65,1 % dan sebesar 34,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa pengaruh VACA, VAHU dan STVA terhadap ROE sebesar 71,7% dan 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, VAIC (Value Added Intellectual Coefficient), ROA (Return On Asset), ROE (Return On Equity)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Tiara Puja Ramadhani sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:57
Last Modified: 22 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

View Item View Item