PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISIAM DI SD NEGERI 2 KEMBANGAN BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Khudriyah, 082334063 (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISIAM DI SD NEGERI 2 KEMBANGAN BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Khudriyah_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISIAM.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Islam memandang perlu adanya perhatian yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Dasar dan sederajat, pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tujuan yang hendak dicapai, anak didik, pendidik, metode, media, sumber dan sebagainya yang terdapat pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai adalah : untuk mengethui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Bukateja Purbalingga, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis dan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga. Mengacu pada uraian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga tahun pelajaran 2010/2011 sudah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan dasar dan tujuan yang diharapkan, (2) Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI tersebut berhasil dengan baik, walaupun belum sepenuhnya tercapai karena terdapatnya beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan tersebut, dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga, antara lain: (a) Faktor pendukung: adanya dukungan dari Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, adanya sarana dan fasilitas yang mendukung terselenggaranya Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, dan adanya kesadaran dari para siswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan khususnya bidang studi Pendidikan Agama Islam; (b) Faktor penghambat: terbatasnya waktu yang tersedia, sedangkan materi pelajaran tentang materi Pendidikan Agama Islam cukup banyak, dan banyaknya siswa yang berasal dari keluarga yang awam dalam hal Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Oct 2016 01:19
Last Modified: 07 Oct 2016 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item