PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 01 AJIBARANG BANYUMAS

WIDAT KHIKMAH DEWI, NIM. 1223308066 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 01 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
WIDAT KHIKMAH DEWI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.sebagai seorang pendidik, guru senantiasa di tuntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi hasil belajar. Guru harus dapat menggunakan strategi tertentu dalam pemakaian metodenya sehingga dia dapat mengajar dengan tepat untuk membantu meningkatkan kegiatan belajar serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SMP Negeri 01 Ajibarang Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 01 Ajibarang? Strategi apa saja yang di gunakan?. Metode pengumpulan data yang di gunakan anatara lain: (a) metode observasi, metode ini di gunakan untuk memperoleh data tentang macam-macam strategi yang di gunakan dan juga bagaimana penerapannya pada pembelajaran pendidikan agama Islam .(b) metode wawancara, metode ini dilakukan dengan cara penulis menanyakan langsung ke sumbernya, bukan dalam kondisi formal agar susasana yang tercipta menjadi lebih santai dan akrab sehingga jawaban-jawaban yang terlontar yang penulis ajukan merupakan jawaban murni dari fakta yang terjadi. (c) metode dokumentasi, metode ini digunakan agar dapat memperoleh data-data, konsep, teori dan proposisiproposisi yang peneliti ambil. Hasil penelitian penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 01 Ajibarang Banyumas sudah sesuai dengan prosedur dan berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam kegiatan belajar bisa menjadi lebih menyenangkan, semakin termotivasi, kecenderungan menguasai materi juga tinggi dan menumbuhkan kepekaan pada diri peserta didik terhadap masalah-masalah dalam lingkungan sosial. Strategi yang di gunakan antara lain: strategi pembelajaran listening teams, strategi pembelajaran small discussion, strategi pembelajaran peer lesson, information search, modelling the way, role playing dan index card match. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 01 Ajibarang Banyumas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:53
Last Modified: 03 Oct 2016 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item