UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON

Suci, Pratini (2022) UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SUCI PRATINI_UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan sebuah aktivitas belajar baru, yang menjadi tantangan khususnya bagi jenjang sekolah dasar. Kebijakan ini diberlakukan sebab adanya korban pandemi virus covid-19 yang terus bertambah dan bermutasi. Pemberlakuan daring tersebut dilakukan pula oleh MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon sebagaimana dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Tentunya ada perbedaan antara pembelajaran tatap muka dengan daring, untuk itu MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon mengupayakan beragam cara agar pembelajaran tetap berjalan efektif. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan serta menganalisis terkait upaya madrasah dalam meningkatkan efektivitas daring pada pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon. Penelitian ini dilakukan dengan metode deksriptif kualitatif, yang menggunakan riset lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dimana terdapat tiga langkah, yakni reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pada riset ini menghasilkan beragam upaya yang digalakkan madrasah guna merealisasikan pembelajaran daring agar tetap efektif yakni pertama, mengadakan pelatihan bagi para guru guna mendalami skill IT. Pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh guru, yang pelatihnya merupakan guru kelas IV. Kedua, mempersiapkan pembelajaran sebaik mungkin dengan merancang RPP daring, dengan tujuan pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dimana RPP daring dibuat berdasarkan ketentuan yang berlaku hanya saja pemberian waktu yang lebih fleksibel. Ketiga, untuk menjalin silahturahmi antara orangtua, guru dan siswa diadakannya home visit tiap adanya kegiatan penilaian semester dengan tujuan menggali informasi terkait aktivitas belajar siswa. Keempat, pembelajaran daring dilakukan dengan menerapkan metode belajar yang bervariatif, menggunakan beragam media denagan tujuan membuat pembelajaran lebih menarik dan menimbulkan semangat belajar. Kelima, selama kegiatan daring, guru selalu memberikan kesempatan siswa untuk bertanya terkait apapun seperti materi, soal ataupun media, dengan tujuan agar tetap adanya interaksi aktif antar guru dan siswa. Keenam, mengadakan kegiatan hiburan, seperti family day, cooking day, atauapun business day dengan tujuan menggali kreativitas dan minat siswa. Dari beragam upaya tersebut terdapat pula kekurangan atau hambatan, seperti sulitnya jaringan internet dirumah siswa, kurang memahaminya materi secara mendalam, serta masih terdapat siswa yang belum memiliki handphone pribadi. Kata Kunci : Upaya, Efektivitas, Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Efektivitas. Pembelajaran Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Suci Pratini
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:54
Last Modified: 21 Feb 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item