EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI MA’ARIF NU CIBEREM SUMBANG BANYUMAS

TRI, MURNIATI (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI MA’ARIF NU CIBEREM SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TRI MURNIATI_EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI MAARIF NU CIBEREM SUMBANG BANYUMAS.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II MI Ma’arif NU Ciberem. Ternyata 80% siswa mendapat nilai kurang dari 72 dari jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Banyak siswa yang bicara sendiri, tidak fokus, dan kurang antusias dalam bertanya. Penelitian ini dimaksudkan untukmenjawab permasalahan: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media flashcard pada pembelajaran tematik di kelas II MI Ma’arif NU Ciberem. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan mutu membaca pada pembelajaran tematik di kelas II MI Ma’arif NU Ciberem yang di belajarkan dengan menggunakan media flashcard. 3) Untuk mengetahui apakah media flashcard dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas II MI Ma’arif NU Ciberem. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan media flashcard terbukti dapat meningkatkan mutu membaca siswa bagi kelas II MI Ma’arif NU Ciberem. Terlihat mutu membaca siswa mengalami kenaikan pada setiap siklusnya yaitu pada prasiklus ada 3 siswa atau 20% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 6 siswa atau 40% ,siklus II menjadi 10 siswa atau 66,67% dan di akhir siklus III menjadi 13 siswa atau 86,67%. Media flashcard dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada tematik di kelas II MI Ma’arif NU Ciberem. Pada siklus I siswa yang aktif hanya mencapai 8 siswa atau 53%, siklus II lebih aktif dari siklus I yakni 12 siswa atau 80% dan pada siklus III sudah aktif dengan menunjukkan ketuntasan siswa 13 siswa atau 93,33%. Selama proses pembelajaran di kelas (menggunakan instrumen observasi yang dipegang kolaborator yang terkait dengan siswa) oleh peneliti dipersiapkan diri secara baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media flash card, membaca
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Murniati sdri
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:49
Last Modified: 21 Feb 2022 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item