EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DI MIN 3 BANYUMAS

ENDANG, NURKHAYATI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DI MIN 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ENDANG NURKHAYATI_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I DI MIN 3 BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif. Hal ini menyebabkan dalam kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan tanpa terlibat banyak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan mesia sempoa dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I di MIN 3 Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis desain yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan menggunakan model nonequivalent control group design. Model ini melibatkan dua kelompok yaitu kontrol dan eksperimen menggunakan pretest dan posttest serta tidak dipilih secara random. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta diperjelas dengan grafik dan tabel. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I. hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sempoa efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di MIN 3 Banyumas. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian uji “t” dengan taraf signifikansi 0,05, maka nilai P = 0, 00 < α (0, 05).Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai P lebih kecil dari pada nilai α yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media sempoa dengan siswa yang tidak menggunakan media sempoa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media sempoa, hasil belajar siswa
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Endang Nurkhayati
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:42
Last Modified: 21 Feb 2022 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item