B Yogi, Supadmi Kurniasih (2022) PERAN PGRI DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU TK PGRI MEKAR UTAMI DESA BUMIAGUNG KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
B Yogi Supadmi Kurniasih_Peran PGRI Dalam Pengembangan Profesi Guru TK PGRI Mekar Utami Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
TK PGRI Mekar Utami merupakan salah satu bagian dari yayasan yang berada di kecamatan yaitu Yayasan PGRI. Kata PGRI tersebutlah yang di ambil, sehingga nama lembaga pendidikan tersebut mengandung nama PGRI. PGRI merupakan salah satu organisasi bagi guru untuk mengembangan profesinya demi mendapatkan kesejahteraan dan hak-haknya. Penelitian ini dilakukan oleh penulis mempunyai tujuan untuk membahas tentang Peran PGRI dalam Pengembangan Profesi Guru TK PGRI Mekar Utami Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis dan keabsaan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitiannya adalah Kepala TK dan Guru TK PGRI Mekar Utami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran PGRI dalam pengembangan profesi guru TK PGRI Mekar Utami Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PGRI dalam pengembangan profesi guru TK PGRI Mekar Utami menunjukan bahwa hal tersebut dapat dilihat dari beberapa program: 1) Pelatihan Profesi Guru (PPG); 2) Diklat Penguatan Kepala Sekolah (PKS); 3) Seminar; 4) Pemberian Surat Keterangan (SK); 5) Couching Clinik; 6) Diklat Calistung; 7) Diklat Microsoft Office 365. Program diklat dan pelatihan tersebut juga dapat meningkatkan pengembagan profesi bagi guru, hal tersebut dibuktikan dengan usaha para guru untuk mengikuti program pengembangan yang diselenggarakan oleh pihak PGRI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PGRI, Pengembangan, Profesi Guru, TK PGRI Mekar Utami |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.65 Organisasi Profesi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | B YOGI SUPADMI KURNIASIH sdri |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 07:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 07:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12949 |
Actions (login required)
View Item |