DAMPAK PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas)

Isna Fitrotul, Amaliah (2022) DAMPAK PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISNA FITROTUL AMALIAH_DAMPAK PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari sebuah perkawinan adalah mendapat keturunan, namun dengan adanya program keluarga berencana yang menjadi aturan pemerintah membuat jumlah anak dalam keluarga dibatasi. Program keluarga berencana dengan cara penggunaan alat kontrasepsi memiliki efek samping yang mempengaruhi hak persetubuhan suami istri. Pengaruh dari alat kontrasepsi ini berupa dampak positif dan dampak negatif. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Data primer yang digunakan adalah wawancara dengan bu Bidan sebagai pihak yang paham dengan permasalahan ini dan wawancara terhadap 5 pasangan suami istri pengguna KB serta pengisian kuesioner oleh 5 pasangan suami istri pengguna KB di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku yang terkait dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Menurut hukum Islam sebagaimana dalam kitab al-Fiqh al-Isla>mi> wa Adillatuh dan kitab S{ah{ih{ al-Bukhari> memandang bahwa beberapa kontrasepsi yang dapat diqiyaskan dengan ‘azl hukumnya boleh kecuali sterilisasi. Dampak positif akibat penggunaan kontrasepsi adalah pasangan suami istri merasa lebih nyaman dalam melakukan hubungan suami istri. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan kontrasepsi adalah suami merasa tidak nyaman melakukan hubungan suami istri karena adanya spiral dalam alat vital istrinya, begitu pula dengan istri yang merasa sakit apabila melakukan hubungan suami istri pada tahun pertama setelah pemasangan spiral. Juga merasa terganggu karena menstruasi yang tidak teratur dan merasa sakit pada bagian implant sehingga walaupun hak persetubuhan terpenuhi namun tidak sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi, Hak Persetubuhan, Hukum Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.39 Aspek Munakahat lain (KB, Bayi tabung dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ISNA FITROTUL AMALIAH sdr
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:32
Last Modified: 21 Feb 2022 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item