MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI MI MA'ARIF NU 1 AJIBARANG WETAN

Faqihmuhhmad, hakim (2022) MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI MI MA'ARIF NU 1 AJIBARANG WETAN. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
repositrory SKIRPSI FAQIH MUHAMAD HAKIM-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen Program Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan dan evaluasi. Dalam hal ini sebagai suatu proses untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dapat mengenal, mempelajari serta memahami pembelajaran baca tulis Al-Quran. Program pembelajaran baca tulis Al- Quran yang dilakukan sesuai dengan tahapan tahapan dan target yang ingin dicapai. Kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Baca Tulis Alquran sangat penting untuk diajarkan anak-anak sejak usia dini. Program pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di MI Ma'arif Ajibarang wetan dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini Merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bertempatan di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan d engan menggali informasi dari sumber data Kepala Madrasah, Wali kelas, Guru BTA. Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu Manajemen program pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan. Penelitian ini bertujuan ialah pertama untuk mengetahui perenncaan,pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evluasi. kedua mendeskrip sikan gambaran lengkap bagaimana manajemen program pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen program pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan ada lima langkah yang menjadi suatu acuan dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu perencanaan program pembelajaran BTA meliputi merencanakan suatu keputusan program pembelajaran BTA, Pengorganisasian Pembelajaran BTA, Pelaksanaan Pembelajaran BTA meliputi pelaksanaan pembelajaran dikelas, Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran BTA adanya pengawasan tiga bulan sekali dan akhir semester memberikan hasil kepada wali siswa secara lisan terkait pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Kata kunci : Manajemen, Pembelajaran, Baca tulis Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Baca tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faqih muhammad hakim sdr
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:47
Last Modified: 22 Feb 2022 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item