PEMIKIRAN PROF. DR. DAMARDJATI SUPADJAR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU NAWANGSARI BUTIR-BUTIR RENUNGAN AGAMA SPIRITUALITAS BUDAYA

Tri, Faturakhman (2022) PEMIKIRAN PROF. DR. DAMARDJATI SUPADJAR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU NAWANGSARI BUTIR-BUTIR RENUNGAN AGAMA SPIRITUALITAS BUDAYA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRI FATURAKHAMAN_PEMIKIRAN PROF. DR. DAMARDJATI SUPADJAR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU NAWANGSARI BUTIR-BUTIR RENUNGAN AGAMA SPIRITUALITAS BUDAYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan teknologi dalam perkembangan zaman menyebabkan adanya arus globalisasi sehingga munculnya erosi dalam kebudayaan. Dampak terbesarnya adalah penurunan nilai spiritualitas. Sehingga perlu penanaman nilai pendidikan Agama Islam yang kuat pada setiap insan manusia. Selain upaya pelestarian kebudayaan berupa seni Islami dari sasrta Jawa, peneliti menjadikan buku Nawang Sari Butir-butir Renungan Agama, Spiritualitas, Budaya . Secara keseluruhan hasil penelitian dalam buku tersebut mengandung berbagai macam pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar terkait pendidikan Islam yang dapat dijadikan sebagai sumber pembeharu dan ide-ide baru dalam beragama yang dapat di implementasikan dalam kehidupan sehar-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan jenis penelitian teks dan pemikiran yang menggunakan conten Analysis dan Hermenutika sebagai metode analisnya. Data penelitian diperoleh dari teks atau tulisan yang ada dalam buku Nawang Sari Butir-butir Renungan Agama, Spiritualitas, Budaya. Secara keseluruhan hasil penelitian dalam buku tersebut mengandung berbagai macam pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar terkait pendidikan Islam yang dapat menjadi rujukan dalam Implementasi kehidupan sehari-hari. Pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar merupakan hasil pemikiran yang unik, yakni sebuah pemikiran dari hasil akulturasi agama, budaya dan adat-istiadat masyarakat setempat. Ada tiga yaitu Pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar dalam pendidikan Islam yaitu akidah, akhlak dan ibadah. Salah satu implementasi pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar terkait pendidikan Islam dalam akidah adalah dengan adanya pendidikan tauhid sejak usia dini sehingga iman tidak tergoyahkan dan akan tertanam dengan kuat sejak dini. Pemikiran dalam akhlak terdapat beberapa implementasi di kehidupan sehari-hari yang mencontoh langsung dengan dengan kehidupan wayang purwa, selain itu juga terdapat aspek peningkatan akhlak mulia yang sesuai dengan konsep Agama Islam. Terakhir pemikiran dalam ibadah yang merupakan syariaat dan implementasi dari kedua nilai diatas, dalam nilai ibadah implementasinya sesuai dengan rukun Islam yakni adanya Syahadatain, Solat, Puasa, Zakat dan Haji. Kata kunci: Buku Nawang Sari Butir-butir Renungan Agama, Spiritualitas, Budaya. Pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar, Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Nawang Sari Butir-butir Renungan Agama, Spiritualitas, Budaya. Pemikiran Prof. Dr. Damardjati Supadjar, Pendidikan Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Faturakhman sdr
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:41
Last Modified: 19 Feb 2022 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12935

Actions (login required)

View Item View Item