KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V ALI BIN ABI THALIB DI MIN PURWOKERTO

FILA NURKHOTIJAH, NIM. 1223305035 (2016) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V ALI BIN ABI THALIB DI MIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FILA NURKHOTIJAH_KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran akan menjadi hidup tergantung bagaimana guru mengelola kelas dengan baik. Seperti halnya guru kelas V Ali di MI Negeri Purwokerto mengelola kelas dengan baik pada pembelajaran tematik. pengelolaan kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran. Oleh karenanya guru harus nemiliki keterampilan mengelola kelas diantaranya keterampilan dalam menciptakan pembelajaran optimal, mengendalikan iklim kelas, mempertahankan iklim kelas, dan mengembangkan iklim kelas. penelitian ini bertujuan untuk mengetahuilebih lanjut tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research) dan penelitian ini digolongkan kedalam studi kasus deskriptif kualitatif. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti mengguanakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik kelas V Ali bin Abi Thalib Madrasah Ibtidaiyah Negeri purwokerto mempunyai empat cara: (1) Penciptaan pembelajaran kondusif dalam pembelajaran tematik dengan cara membuat rencana kegiatan sebagai persiapan mengajar pelajaran tematik, penggunaan metode dan strategi mengajar, mengalihkan fokus dan konsentrasi peserta didik, jelas dalam penyampaian materi dan pemberian instruksi, memberikan sikap tanggap dengan teguran, mengontrol kepedulian peserta didik dengan pengamatan, pengelolaan kelompok. (2) Mengendalikan pembelajaran agar kondusif dalam pembelajaran tematik yaitu dengan memberikan peringatan, mengendalikan peserta didik dengan modifikasi perilaku dengan pendekatan, mengatasi gangguan di kelas dengan teguran, pengelolaan kelompok dengan heterogen. (3) Mempertahankan iklim kelas agar kondusif dalam pembelajaran tematik yaitu dengan cara memotivasi peserta didik, membagi pandangan secara merata kepada peserta didik, membagi perhatian dengan mengutamakan yang benar-benar membutuhkan, pembawaan guru yang ramah menciptakan kehangatan dan persahabatan, dan sikap yang tegas dalam memimpin pembelajaran. (4) mengembangkan iklim kelas agar tetap kondusif dalam pembelajaran tematik yaitu, pengaturan tempat duduk, memodifikasi perilaku peserta didik dengan motivasi, pembawaan guru yang ramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik, MI Negeri Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:01
Last Modified: 03 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item