MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-BAROKAH PAMIJEN BATURRADEN

LAILATUN NURUL, AZIZAH (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-BAROKAH PAMIJEN BATURRADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAILATUN NURUL AZIZAH_MANAJEMEN KURIKULUM DI TPQ AL-BAROKAH PAMIJEN BATURRADEN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an adalah pendidikan dasar untuk diajarkan kepada anak agar dapat tertanamkan karakter, dan keimanan kepada Allah SWT. Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan Al-Qur’an jalur non formal yang memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an serta memahami dasar dinul Islam untuk anak usia 7-12 tahun. TPQ berperan membangun dan menanamkan karakter pada anak-anak sehingga nantinya mampu menghadapi berbagai persoalan zaman yang semakin kompleks. Penelitian termasuk jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana proses manajemen kurikulum yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Barokah Pamijen Baturraden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses manajemen kurikulum di TPQ Al-Barokah Pamijen Baturraden sudah berjalan dengan baik. Perencanaan kurikulum dilakukan dengan menentukan tujuan, menentukan program, merumuskan isi kurikulum, menentukan strategi pembelajaran dan menentukan evaluasi. Pengorganisasian kurikulum dilakukan dengan penyusunan struktur kurikulum, penyusunan kalender akademik, alokasi waktu, dan menyusun jadwal pembelajaran. Implementasi Kurikulum dilakuakan dengan pembagian tugas mengajar, penggunaan metode pembelajaran, pelaksanan pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, serta dokumen penunjang. Sedangkan kegiatan Evaluasi kurikulum dilakukan dengan penilaian harian, Ujian tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas, serta ujian wisuda khotmil Qur’an. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Perencanaan, Pengorganisasian, Implementasi, Evaluasi Kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Perencanaan, Pengorganisasian, Implementasi, Evaluasi Kurikulum.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lailatun Nurull sdr
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:00
Last Modified: 19 Feb 2022 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item