INTEGRASI SISTEM PEMBELAJARAN PESANTREN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DI SMP IT MADANI TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Lulu Atun, Nafisah (2022) INTEGRASI SISTEM PEMBELAJARAN PESANTREN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DI SMP IT MADANI TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lulu Atun Nafisah_Integrasi Sistem Pembelajaran Pesantren dan Pembelajaran Sekolah di SMP IT Madani Tunjungmuli Kecama.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Budaya asing pada masa globalisasi seperti sekarang ini semakin banyak muncul dan dikhawatirkan memberikan dampak negatif bagi kepribadian seseorang. Dalam hal ini pendidikan sangat diperlukan sebagai bekal untuk menghadapi dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar. Pendidikan disini bukan hanya mengenai kecerdasan intelektual saja namun untuk kecerdasan spiritual juga. Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk menghubungkan antara keduanya. Selain untuk menghadapi pengaruh globalisasi adanya integrasi antara kecerdasan intelektual dan spiritual juga sangat diperlukan sebagai tantangan zaman sekarang. Keduanya bisa didapatkan dengan integrasi antara sistem pembelajaran pesantren dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model integrasi pesantren dan sekolah serta integrasi sistem pembelajaran pesantren dan pembelajaran sekolah di SMP IT Madani Tunjungmuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data yang dibutuhkan berada di lapangan. Penelitian ini memiliki sifat penyusunan deskriptif dan jenis datanya kualitatif. Subjek penelitianya yaitu sumber daya manusia yang ada di sekolah dan pesantren baik pendidik maupun peserta didik. Teknik Pengumpulan Data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik Analisis Data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model integrasi yang diterapkan adalah integrasi monistik dalam bentuk institusional, manajerial, kesiswaan dan pembiayaan. (2) pelaksanaan integrasi pada sistem pembelajaran pesantren dan sekolah meliputi sumber belajar, metode serta tenaga pengajar. Dalam pelaksanaan integrasi sistem pembelajaran PAI, selain menggunakan buku pegangan guru serta LKS, SMP IT Madani mempelajari ayat dakwah, nusus adabiyah dan lainnya yang dilakukan di pesantren Madani. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pelajaran PAI mengkombinasikan metode sekolah dan pesantren seperti menggunakan metode ceramah dan sorogan, metode sorogan dan bermain peran. Tenaga pengajar SMP IT Madani ada yang berasal dari pesantren, yakni ustadz di pesantren mengampu pelajaran PAI dalam pembelajaran kitab kuning. Kata Kunci : Integrasi Sistem Pembelajaran, Pesantren, Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Sistem Pembelajaran, Pesantren, Sekolah
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.11 Sistem
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri LULU ATUN NAFISAH
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:59
Last Modified: 19 Feb 2022 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item View Item