PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KHALIMUL KHASAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN DAN EKONOMI

Windi, Tri Sarofah (2022) PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KHALIMUL KHASAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN DAN EKONOMI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDI TRI SAROFAH 1717401095.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitaian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran PKBM Khalimul Khasan dalam memberdayaan masyarakat di bidang pendidikan dan ekonomi di Kalibening. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, display data, dan menarik kesimpulan, serta keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran PKBM Khalimul Khasan dalam memberdayakan masyarakat dibidang pendidikan yaitu: Pertama, sebagai fasilitator/katalisator yaitu dengan menyediakan program-program yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat berupa program Keaksaraan Dasar, Keaksaraan fungsional, dan Kesetaraan. Kedua, sebagai pelatih dan pendidik yaitu dengan menyediakan tutor yang berkompeten. Ketiga, sebagai pendorong modal swadaya yaitu dengan melakukan kerja sama antara PKBM dengan tokoh masyarakat, karang taruna, dan Universitas Terbuka. Keempat, proyek-proyek yang dapat meningkatkan minat masyarakat dengan mengikutserakan warga belajar dalam kegiatan seperti PORSENI. Peran PKBM Khalimul Khasan dalam memberdayakan masyarakat dibidang ekonomi yaitu: Pertama, sebagai fasilitato/katalisator yaitu dengan menyediakan program vokasi yang terdiri dari vokasi menjahit, tata boga, dan komputer. Kedua, sebagai pelatih dan pendidik dengan menyediakan tutor yang berkompeten untuk menyampaikan materi melalui pembelajaran dan praktik. Ketiga, sebagai pendorong modal swadaya dengan melakukan kerja sama antara PKBM dengan BUMDES, toko-toko kuliner dan hijab untuk menyalurkan hasil karya warga belajar. Keempat, menyelenggarakan proyek-proyek yang dapat meningkatkan minat masyarakat dengan berperan akrif dalam mengikuti kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun organisasi. Kata Kunci: Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Peran PKBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Peran PKBM
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Windi Tri sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:37
Last Modified: 19 Feb 2022 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item