STRATEGI PROGRAM PEMBINAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU

Ferisia, Apriliani (2022) STRATEGI PROGRAM PEMBINAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERISIA APRILIANI_STRATEGI PROGRAM PEMBINAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR UMP DUKUHWALUH PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Etos kerja guru dapat dijadikan sebagai suatu pokok pikiran utama dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia, dimana etos kerja guru tersebut dalam suatu organisasi sekolah mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas proses pelaksanaan tugas pembelajaran di satuan pendidikan sekolah. Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat dicapai. Karena itu, masalah tersebut menarik untuk diperhatikan dan dianalisis. Di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto sudah banyak strategi yang dilakukan kepala sekolah, akan tetapi belum ada efek signifikan dari strategi meningkatkan etos kerja guru belum bisa mencapai target. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami serta mendeskripsikan strategi progam bimbingan pembinaan yang digunakan dalam meningkatkan etos kerja guru di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan sejak pengumpulan data, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi program bimbingan pembinaan yang diterapkan Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto dalam upaya meningkatkan etos kerja guru dilakukan dengan berbagai upaya atau langkahlangkah, di antaranya: pembinaan kinerja guru, pembinaan disiplin guru, pengendalian dan pengawasan, motivasi, penghargaan, serta penanaman komitmen, dengan melakukan pembinaan dan pemberdayaan guru. Strategi dalam meningkatkan etos kerja guru tersebut berimplikasi terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto. Hal ini diwujudkan dengan para guru selalu membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memperhatikan kondisi peserta didik sebelum menggunakan metode tertentu dalam proses belajar mengajar, dan mewujudkan iklim kelas yang kondusif. Dengan terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien berakibat dapat meningkatkan prestasi siswa, baik akademik maupun non akademik, dan terwujudnya pendidikan yang bermutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi,program pembinaan, etos kerja guru
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ferisia Apriliani sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:57
Last Modified: 19 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item View Item