SLOGAN ‘MENIKAHLAH KAMU AKAN MENJADI KAYA’ PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Pandangan Kepala KUA Kecamatan di Purwokerto)

Afrila, Trianti Setiawan (2022) SLOGAN ‘MENIKAHLAH KAMU AKAN MENJADI KAYA’ PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Pandangan Kepala KUA Kecamatan di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFRILA TRIANTI SETIAWAN_SLOGAN 'MENIKAHLAH KAMU AKAN MENJADI KAYA' PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Pandangan Kepala KUA Kecamatan di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menikah menjadi fitrah bagi setiap manusia yang dianjurkan dalam agama Islam. Melangsungkan pernikahan perlu adanya pemikiran dan pertimbangan yang matang dari segi finansial, kedewasaan, kesiapan secara mental dan fisik seseorang. Namun, seiringnya waktu berjalan para pemuda merasa khawatir akan kemiskinan setelah menikah. Takut akan nafkah yang tidak tercukupi. Padahal telah tersurat dalam al-Qur’an pada surat an-Nur ayat 32, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lebih dalam makna slogan ‘menikahlah kamu akan menjadi kaya’ dari pandangan Kepala KUA Kecamatan di Purwokerto dan ditinjau dari Hukum Keluarga Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Dengan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah empat KUA Kecamatan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, yakni: KUA Kecamatan Purwokerto Utara, KUA Kecamatan Purwokerto Barat, KUA Kecamatan Purwokerto Selatan, dan KUA Kecamatan Purwokerto Timur. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menyimpulkan tentang slogan ‘Menikahlah Kamu Akan Menjadi Kaya’ dari pandangan kepala KUA di Purwokerto bahwa kaya setelah menikah itu tidak ada ukurannya. Kaya bukan hanya berbentuk harta saja, melainkan dapat berupa pahala, kesehatan jasmani dan rohani, anak yang banyak, juga kecerdasan yang didapat. Selain itu, kaya dapat berupa kaya hati atau qana’ah. Data penelitian ini digunakan sebagai motivasi para pemuda untuk jangan merasa khawatir menjadi miskin setelah menikah, Allah pasti akan menolong mereka dengan kehendak-Nya. Sebab, janji Allah yang tersurat dalam Q.S. an-Nur ayat 32 itu adalah benar. Kekayaan yang diperoleh setelah menikah bukan hanya berupa harta atau materi yang melimpah saja. Bahkan, kaya memiliki arti sebuah keberkahan dari Allah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: slogan, menikah, kaya.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Afrila Trianti Setiawan sdr
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:27
Last Modified: 21 Feb 2022 08:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item View Item