PERAN ASOSIASI PENGUSAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN BANYUMAS (ASPIKMAS) DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI DESA KUTASARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Indah, Winandari (2022) PERAN ASOSIASI PENGUSAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN BANYUMAS (ASPIKMAS) DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI DESA KUTASARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi indah (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Mennegah merpakan zona ekonomi nasional yang sangat strategis dimana banyak orang yang menjadi tulang punggung dari perekonomian negara. Eksistensi UMKM sepatutnya tidak diragukan lagi, mengingat bahwa UMKM banyak menyerap tenaga kerja yang teruji sanggup bertahan di tengah-tengah badai krisis ekonomi serta menjadi roda penggerak ekonomi. Aspikmas merupakan sebuah wadah bagi pengusaha UMKM khususnya di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas yang berperan sebagai mitra Dinas Koperasi dan UMKM dalam melakukan pendampingan terhadap pengusaha usaha kecil dan menengah serta membantu memaksimalkan program-program yang dilakukan oleh dinas terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah peran Aspikmas dalam pengembangan UMKM di Desa Kutasari. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Koordinasi Desa (Kordes) Kutasari, anggota Aspikmas Desa Kutasari, dan Divisi Bidang I, II, dan III Aspikmas Baturraden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peran Aspikmas melalui program kerja Bidang I (Peningkatan Kapasitas Usaha dan SDM), Bidang II (Perencanaan, Fasilitas Usaha, dan Pembiayaan) dan Bidang III (Promosi dan Pemasaran) dalam pengembangan usaha kecil dan menengah. Dengan berbagai macam bidang yang ada dapat disimpulkan bahwa peran Aspikmas dalam hal pengembangan UMKM yaitu membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan kapasitas usahanya melalui program pelatihan, meningkatkan manajemen usaha, mempermudah akses permodalan dan perizinan usaha, serta membantu dalam perluasan jaringan usaha dengan menjalin relasi dengan berbagai pihak terkat maupun antar pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pengembangan UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indah Winandari sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:44
Last Modified: 19 Feb 2022 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item