PENERAPAN HUKUM TATA NEGARA DARURAT DALAM PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT KESEHATAN MASYARAKAT (KASUS CORONA VIRUS DISAESE-19/COVID-19)

NADHIF MAULANA, YUSUF (2022) PENERAPAN HUKUM TATA NEGARA DARURAT DALAM PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT KESEHATAN MASYARAKAT (KASUS CORONA VIRUS DISAESE-19/COVID-19). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nadhif Maulana Yusuf_Penerapan Hukum Tata Negara Darurat Dalam Penanggulangan Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat (Kasus Corona Virus Disaese-19).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan Hukum Tata Negara Darurat di Indonesia sudah dimulai sejak 61 tahun silam, ditandai dengan pada saat itu Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Tata Negara Darurat dalam Undang-Undang Nomor 23 Prp 1959 tentang Keadaan Bahaya. Kini pandemi Covid-19 agaknya telah mendorong pemerintah untuk melakukan langkah-langkah darurat seperti yang pernah dilakukan Pemerintah Indonesia sebelum-sebelumnya. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana praktek Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat pada kasus Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19). Selain itu penulis juga ingin mengetahui bagaimana penerapan Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat pada kasus Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library reserch) dengan mencari informasi dalam perundang-undangan, jurnal-jurnal terkait Hukum Tata Negara Darurat, buku-buku yang terkait Hukum Tata Negara Darurat, dan juga jurnal-jurnal terkait Darurat Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian normative-yuridis, dalam hal ini pendekatan yuridis digunakan untuk mengetahui bagaimana praktek Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat pada kasus Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19). Sedangkan pendekatan normativenya digunakan untuk mengetahui bagaimana penerapan Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat pada kasus Covid-19 Hasil dari penelitian ini adalah praktek Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan Darurat Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disaese 19 (Covid-19) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020. Adapun penerapan Hukum Tata Negara Darurat dalam penanggulangan Darurat Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disaese 19 (Covid-19) adalah didasarkan pada penetapan status Darurat Kesehatan Masyarakat berdasarkan pada Keppres Nomor 11 tahun 2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Tata Negara Darurat, Darurat Kesehatan Masyarakat, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nadhif Maulana Yusuf
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:22
Last Modified: 18 Feb 2022 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item