PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD NEGERI LEDUG KEMBARAN

Windhi Qurrotul Asri, 092338097 (2014) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD NEGERI LEDUG KEMBARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
Windhi Qurrotul Asri_Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa di SDN Ledug Kembaran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kebutuhan yang paling utama bagi umat manusia adalah pendidikan, karena dengan dibekali pendidikan maka di era globalisasi ini umat manusia mampu mengemban tugas sebagai kholifah di muka bumi ini. Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi umat Islam di mana pun berada, baik bagi anak-anak, remaja maupun orang tua. Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah keharusan apalagi di usia anak SD, karena usia anak SD merupakan masa pembentukan nilai-nilai agama sebagai kelanjutan periode sebelumnya. Berkaitan dengan hal tersebut, pendidikan agama di SD mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, pendidikan agama di SD harus menjadi perhatian semua pihak terkait, bukan hanya guru agama tetapi juga kepala sekolah dan guru-guru lainnya. Dalam proses pembentukan nilai-nilai agama pada diri anak, maka diperlukan upaya pembinaan yang tepat. Lokasi penelitian yang penulis lakukan yaitu di SD Negeri Ledug yang merupakan salah satu sekolah berbasis karakter yang berada di kecamatan Kembaran. Berdasarkan upaya pembinaan yang dilakukan, mayoritas kepribadian muslim siswa SD Negeri Ledug sudah cukup baik. Hal ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan guru-guru lainnya dalam membina siswa dengan berbagai cara yang mudah diterima siswa. Untuk itu permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pembinaan kepribadian muslim siswa di SD Negeri Ledug?” Jadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang pembinaan kepribadian muslim siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field research). Dan metode yang di gunakan penulis pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, guru kelas serta siswa SD Negeri Ledug. Sedang proses pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa pembinaan kepribadian muslim siswa secara umum mencakup beberapa aspek, yaitu aspek akidah, ibadah, akhlak (tingkah laku), sosial, dan fisik (sehat, kuat dan bersih). Disamping itu yang mendukung dalam pembinaan kepribadian muslim siswa, yaitu mengadakan kegiatan rutin tadarus al-Qur’an, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), mengadakan Infaq, Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), kegiatan amaliah ramadhan, dan berqurban. Kata Kunci : Kepribadian Muslim Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Oct 2016 01:56
Last Modified: 03 Oct 2016 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item