PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS V DAN VI MI TARBIYATUL ATHFAL CARUBAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Sulis Yusria, Rezqi (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS V DAN VI MI TARBIYATUL ATHFAL CARUBAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Sulis Yusria Rezqi_Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self Regulated Learning Siswa Kelas V dan VI MI Tarbiyatul Athfal Caruban Di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Self regulated learning adalah kemampuan seseorang pada saat belajar dengan mengendalikan pengetahuan yang ia miliki dengan baik melalui beragam cara agar memperoleh hasil yang sesuai dengan harapannya. Ada dua faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap self regulated learning yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri individu dan juga faktor eksternal atau lingkungan seperti dukungan sosial keluarga. Pada penelitian ini dukungan sosial berupa dukungan informasional, dukungan penghargaan atau penilaian, dukungan instrumental, dan dukungan emosional yang diberikan oleh anggota keluarga terhadap siswa kelas V dan VI MI Tarbiyatul Athfal Caruban saat melakukan proses belajar secara mandiri di masa pandemi covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap self regulated learning siswa kelas V dan VI MI Tarbiyatul athfal Caruban di masa pandemi covid-19. Metode yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif, sementara teknik pengambilan sampel adalah menggunakan sampling jenuh dengan responden yang berjumlah 25 orang. Dalam pengumpulan data metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner untuk selanjutnya dianalisis dengan bantuan aplikasi SPPS versi 225. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini tingkat dukungan sosial keluarga terhadap siswa kelas V dan VI MI Tarbiyatul Athfal di masa pandemi covid-19 adalah pada kategori sedang dengan frekuensi 15 orang siswa dan presentase 60%. Sementara tingkat self regulated learnin g pada kategori sedang dengan frekuensi 16 orang siswa dan presentase 64%. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan serta mempunyai arah hubungan yang positif antara dukungan sosial keluarga terhadap self regulated learning siswa kelas V dan VI MI Tarbiyatul Athfal Caruban di masa pandemi covid-19 dengan persamaan regresi linear Y = 42,049 + 0,343X. Dengan taraf signifikansi 0,047 < 0,05 serta nilai thitung = 2,104 > ttabel = 2,06. Besarnya nilai korelasi/hubungan (r) adalah 0,402. Sedangkan besarnya nilai koefisien determinasi (r2) 0,161 yang memiliki arti bahwa pengaruh variabel independen (dukungan sosial keluarga) terhadap variabel dependen (self regulated learning) pada siswa kelas V dan VI MI Tarbiyatul Athfal Caruban di masa pandemi covid-19 adalah sebesar 16,1%. Kata Kunci: Dukungan Sosial Keluarga, Self Regulated Learning, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Keluarga, Self Regulated Learning, Pandemi Covid-19
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sulis Yusria Rezqi sdri
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:17
Last Modified: 18 Feb 2022 06:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item