PERAN HOME INDUSTRY KERAJINAN ANYAMAN TIKAR PANDAN DALAM MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA PESAHANGAN, CIMANGGU, CILACAP)

Amelia, Kusniawati (2022) PERAN HOME INDUSTRY KERAJINAN ANYAMAN TIKAR PANDAN DALAM MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA PESAHANGAN, CIMANGGU, CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia Kusniawati_PERAN HOME INDUSTRY KERAJINAN ANYAMAN TIKAR PANDAN DALAM MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pesahangan, Cimanggu, Cilacap).pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amelia Kusniawati_Cover_Pendahuluan_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehidupan yang sejahtera adalah dambaan setiap manusia di dunia, baik seseorang yang ada di perkotaan maupun pedesaan. Namun, pada kenyataannya, kehidupan seseorang itu tidak selamanya berjalan dengan sejahtera, pada tahun 2020 pandemi Covid-19 menyerang masyarakat seluruh Indonesia, salah satu desa yang terdampak yaitu Desa Pesahangan, Cimanggu, Cilacap. Di Desa Pesahangan terdapat salah satu usaha yaitu Home industry kerajinan anyaman tikar pandan untuk menciptakan kesejahteraan keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengambil lima keluarga terdampak Covid-19, yakni 3 pengrajin dan 2 pengepul home industry kerajinan anyaman tikar pandan. Dengan teori pendapatan, teori BKKBN, dan Teori menurut Suryana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa home industry kerajinan anyaman tikar pandan ini berperan dalam menciptakan kesejahteraan keluarga terdampak Covid-19, hal ini dibuktikan dengan adanya keluarga yang mampu mempertahankan bahkan meningkatkan pendapatan, dan ada pula keluarga yang dapat mempertahankan pendidikan pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Home Industry, Teori Kesejahteraan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amelia Kusniawati
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:44
Last Modified: 17 Feb 2022 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item