TRADISI SAFARI MAULID NABI MUHAMMAD (Studi Living Qur’an Desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah)

Puji, Rohimah (2022) TRADISI SAFARI MAULID NABI MUHAMMAD (Studi Living Qur’an Desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah). Skripsi thesis, UIN.Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUJI ROHIMAH_TRADISI SAFARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW (Studi Living Qur'an Desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tradisi Safari Maulid Nabi Muhammad Saw (Studi Living Qur’an Desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamnadau Kalimantan Tengah)” Puji Rohimah Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Prof Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Skripsi ini di latar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap tradisi Safari Maulid Nabi Muhammad Saw. Yang dilakukan di desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah berbeda dengan tradisi Maulid yang lain. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini ialah: “ Bagaimana Motif masyarakat desa Bukit Raya dalam mengikuti tradisi Safari Maulid Nabi Muhammad Saw”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan memakai studi lapangan (field research). Sedangkan untuk menjawab persoalan yang ada, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Max Weber yaitu teori Tindakan sosial yang diklasifikasikan menjadi empat tipologi yaitu tindakan tradisional, tindakan afektif, tindakan rasionalitas instrumental, dan tindakan rasionalitas nilai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, depth interview (Wawancara Mendalam), dokumentasi, dan analisis data yang meliputi: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif tindakan yang mendasari masyarakat berpartisipasi dalam tradisi Safari Maulid Nabi Muhammad Saw dapat dibagi ke dalam empat tipologi yaitu (1) Tindakan tradisional, di mana masyarakat ketika berpartisipasi dalam tradisi Safari Maulid memiliki motif mengikuti apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya karena sudah lazim dan turun temurun (2) Tindakan Afektif, tindakan yang ditentukan oleh keadaan emosional sang aktor. Masyarakt memiliki motif untuk mencari ketenangan jiwa.(3) Rasionalitas Instrumental, merupakan tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan-tujuan yang secara rasional di diperhitungkan diupayakan sendiri oleh aktor yang bersangkutan. Motif masyarakat dalam hal ini yaitu masyarakat mengikuti tradisi Safari Maulid tersebut dikarenakan untuk mendapatkan keuntungan yang sifatnya ekonomis dan pragmatis. (4) Tindakan Rasionalitas Nilai, tindakan yang dilakukan untuk alasan-alasan dan tujuan-tujuan yang ada kaitannya dengan nilai-nilai yang diyakini secara personal tanpa memperhitungkan prospek-prospek yang ada kaitannya dengan berhasil atau gagalnya tindakan tersebut. Motif masyarakat berpartisipasi dalam tradisi Safari Maulid tersebut dikarenakan mereka meyakini bahwa dalam tradisi tersebut terdapat nilai-nilai baik, di antaranya yaitu mempererat tali silaturrahmi, dan mencari keberkahan dalam hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Safari Maulid, Motif, Living Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
Depositing User: Puji Rohimah
Date Deposited: 24 Feb 2022 22:27
Last Modified: 24 Feb 2022 22:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item