PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas)

Nova, Eliza (2022) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NOVA ELIZA_1717201119.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa disarankan untuk memiliki suatu badan usaha terdapat dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan pokok dan tersedianya sumber daya desa yang belum dimanfaatkan, dan tersedianya sumber daya manusia yang mampu mengelola badan usaha sebagai asset penggerak perekonomian masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Dari hal tersebut kemudian pemerintah desa Sidamulih mendirikan BUMDes Mukti Rahayu yang diharapkan mampu membantu mensejahterakan masyarakat dengan ikut berpartisipasi langsung. BUMDes Mukti Rahayu telah berdiri pada tahun 2018 dengan 4 unit usaha dan 3 unit yang sudah berjalan. Tetapi dari data yang didapat masih terdapat ketimpangan kesejahteraan di desa Sidamulih, di dalam data statistika desa menunjukan bahwa tingkat kesejateraan sudah meningkat tetapi dari pihak pemerintahan desa Sidamulih mengungkapkan bahwa BUMDes Mukti Rahayu belum meberikan manfaat terhadap kesejahteraan masyarakat. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan analisis data pada penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa BUMDes Mukti Rahayu di Desa Sidamulih sudah cukup berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat hanya belum dapat dikatakan maksimal. Hal ini dikarenakan masih banyaknya kendala yaitu seperti kurangnya modal, pengetahuan masyarakat dan kurangnya masksimalnya kinerja serta manajemen BUMDes Mukti Rahayu itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDes, Maningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NOVA ELIZA sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:23
Last Modified: 19 Feb 2022 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item