PESAN AKHLAK DALAM ANIMASI RIKO THE SERIES DI YOUTUBE PRODUKSI GARIS SEPULUH (Kajian Analisis Semiotika Roland Barthes)

Salsabil, Aulia (2022) PESAN AKHLAK DALAM ANIMASI RIKO THE SERIES DI YOUTUBE PRODUKSI GARIS SEPULUH (Kajian Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Salsabil Aulia_Pesan Akhlak Dalam Animasi Riko The Series Di Youtube Produksi Garis Sepuluh (Kajian Analisis Semiotika Roland Barthes).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pesan akhlak dapat disampaikan melalui berbagai cara, salah satunya dengan animasi. Animasi Riko The Series merupakan produksi Garis Sepuluh yang memiliki konsep edutainment, edukasi dan entertainment. Terdapat nilai ajaran Islam yang didapat, serta membahas banyak hal mengenai science. Sehingga animasi ini menjadi media yang menarik untuk penyampaian pesan akhlak melalui adegan dan dialognya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa pesan akhlak yang terdapat dalam animasi Riko The Series, serta bagaimana bentuk penyajian pesan akhlak yang terdapat di dalam animasi Riko The Series. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data primer berupa akun youtube Riko The Series dan sumber data sekunder berupa skripsi, artikel, jurnal, website yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa animasi Riko The Series terdapat pesan akhlak, diantaranya akhlak pribadi yaitu pemaaf, memohon maaf dan mengakui kesalahan. Akhlak terhadap keluarga yaitu menasehati dalam kebaikan dan saling tolong menolong. Akhlak terhadap Allah SWT yaitu berdoa, bersyukur, mengucap salam, beristighfar dan kagum dengan kebesaran Allah SWT. Bentuk penyajian pesan akhlak dalam animasi Riko The Series menggunakan dua pendekatan penyajian pesan yaitu emotional appeals dan humor appeals, emotional appeals pada animasi Riko The Series ini menampilkan pesan kasih sayang, dan kesedihan. Humor appeals pada animasi Riko, didalam ceritanya terselipkan adegan dan dialog yang berkesan lucu oleh tokohnya yaitu robot kesayangan Riko, Q110. Serta dalam menerapkan prinsip-prinsip animasi, Riko The Series terdapat: staging, timing, solid drawing dan appeals.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animasi Riko The Series, Pesan Akhlak, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Salsabil Aulia sdri
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:31
Last Modified: 17 Feb 2022 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12795

Actions (login required)

View Item View Item