KONSEP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TELAAH ATAS BUKU BIOGRAFI KH. ALI MAKSUM KRAPYAK KARYA AHMAD ATHOILLAH

Nofita, Indriyani (2022) KONSEP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TELAAH ATAS BUKU BIOGRAFI KH. ALI MAKSUM KRAPYAK KARYA AHMAD ATHOILLAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOFITA INDRIYANI_KONSEP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TELAAH ATAS BUKU BIOGRAFI KH. ALI MAKSUM KRAPYAK KARYA AHMAD ATHOILLAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam menjadi komponen penting dalam sistem pelaksanaan pendidikan secara menyeluruh di sekolah. Hal ini karena guru PAI memiliki tanggung jawab dalam membentuk kepribadian serta mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. Adanya fenomena kerusakan moral khususnya di kalangan pelajar, itu menunjukan bahwa permasalahan dalam dunia pendidik belum mampu menyeimbangkan perkembangan kemampuan peserta didik baik dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Maka dari itu guru PAI memahami konsep guru secara utuh. Untuk dapat memahami konsep guru PAI, maka hendaknya guru PAI memiliki role model untuk dijadikan panutan dalam menjalankan profesi agar menjadi guru yang berkualitas. Di Indonesia role model yang patut dijadikan panutan bagi guru PAI yaitu seorang ulama atau kyai. Sama halnya dengan peran guru PAI di sekolah, kyai juga berperan penting di pesantren dalam menentukan keberhasilan pembelajaran sehingga para santri memiliki akhlak yang baik serta menguasai ilmu-ilmu Islam. Salah satu tokoh figur Islam yang dapat dijadikan panutan ialah KH. Ali Maksum Krapyak, seorang ulama yang banyak melakukan perubahan dalam kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Atas dasar inilah peneliti tertarik untuk mengkaji Konsep Guru Pendidikan Agama Islam Telaah Atas Buku Biografi KH. Ali Maksum Krapyak Karya Ahmad Athoillah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep guru Pendidikan Agama Islam dalam buku biografi KH. Ali Maksum Krapyak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian imi adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian imi ialah dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa konsep guru Pendidikan Agama Islam telaah atas buku biografi KH. Ali Maksum Krapyak ialah berilmu, mampu mengembangkan kurikulum dan melakukan inovasi dalam pembelajaran, berperan sebagai orangtua kedua bagi peserta didik, mampu mengembangkan potensi peserta didik, bersikap tawadhu, berwibawa, santun, sabar, melaksanakan tugas kemasyarakatan, dan mampu mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Guru Pendidikan Agama Islam, KH. Ali Maksum, Buku Biografi.
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NOFITA INDRIYANI
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:19
Last Modified: 17 Feb 2022 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item