Implementasi Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus : Mustahik Program Bantuan Modal Usaha Perorangan BAZNAS Kabupaten Banyumas)

Elma, Nur Fathin (2022) Implementasi Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus : Mustahik Program Bantuan Modal Usaha Perorangan BAZNAS Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Elma Nur Fathin_Implementasi Zakat Produktif dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus Mustahik Program Bantuan Modal Usaha Perorangan BAZNAS Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang kerap dihadapi oleh bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia khususnya pada Provinsi Jawa Tengah. Di Kabupaten Banyumas sendiri, kemiskinan relatif tinggi dibanding kabupaten-kabupaten lain di Jawa Tengah. Sebagai lembaga yang mempunyai legalitas dan hukum untuk mengelola zakat, infaq, sedekah di Kabupaten Banyumas, BAZNAS Banyumas berupaya membantu memperkecil angka kemiskinan di Kabupaten Banyumas dengan memberikan modal yang berasal dari dana zakat produktif melalui program Banyumas Sejahtera. Program yang paling diminati dalam Banyumas Sejahtera yaitu Program Bantuan Modal Usaha Mustahik Perorangan di mana usaha mustahik disokong permodalannya dengan sejumlah uang yang telah ditentukan. Oleh karena itu, zakat dapat menjadi solusi pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung pada lapangan atau informan. Sumber data ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari BAZNAS Banyumas dan mustahik Program Bantuan Modal Usaha Mustahik Perorangan. Dalam analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif di mana data-data yang bersifat kualitatif diteliti, dianalisis, dikembangkan, dan disesuaikan dengan teori-teori pendukung yang ada. Penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Banyumas telah mengimplementasikan zakat produktif melalui program Banyumas Sejahtera yang didalamnya terdapat Program Bantuan Modal Usaha Mustahik Perorangan. Selain itu, BAZNAS Banyumas juga telah melakukan pemberdayaan ekonomi pada mustahik Program Bantuan Modal Usaha Mustahik Perorangan. Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan BAZNAS Banyumas telah memenuhi aspek-aspek pendampingan fakir miskin dengan pola pendampingan dan peran sebagai pendamping sesuai dengan Buku Pedoman Pemberdayaan Fakir Miskin yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI tahun 2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Zakat Produktif, Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, BAZNAS Banyumas
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.141 Zakat Fitrah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.142 Zakat Mal (Ternak, Emas, Perak, Uang, Perniagaan)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.143 Zakat Pendapatan (Profesi, Pertanian, Perikanan, Rikaz dll)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Elma Nur Fathin
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:17
Last Modified: 17 Feb 2022 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

View Item View Item