ANALISIS PROGRAM PENGEMBANGAN KAPASITAS USAHA (PKU) DALAM PRAKTEK UTANG-PIUTANG PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH (Studi Kasus di Permodalan Nasional Madani Mekaar Cabang Kalipucang)

Windi Artifatul, Jannah (2022) ANALISIS PROGRAM PENGEMBANGAN KAPASITAS USAHA (PKU) DALAM PRAKTEK UTANG-PIUTANG PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH (Studi Kasus di Permodalan Nasional Madani Mekaar Cabang Kalipucang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WINDI ARTIFATUL JANNAH_ANALISIS PROGRAM PENGEMBANGAN KAPASITAS USAHA (PKU) DALAM PRAKTEK UTANG-PIUTANG PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH (Studi Kasus di Permodalan Nasional Madani Mekaar Cabang Kalipucang).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia ialah Permodalan Nasional Madani Mekaar yang mengemban tugas membantu pelaku usaha mengembangkan usahanya yang mempunyai program untuk membina dan mendampingi para nasabah dan biasa disebut Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program ini menjadi diferensiasi dengan lembaga keuangan bukan bank lainnya, yang bertujuan untuk memberikan dampingan kepada nasabah untuk menciptakan produk yang memiliki nilai jual. Tetapi masih banyak sekali nasabah yang enggan mengikuti program tersebut padahal program tersebut sangat dibutuhkan untuk nasabah yang sedang merintis usahanya. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di Permodalan Nasional Madani Mekaar Cabang Kalipucang dan untuk mengetahui bagaimana perspektif Maqāṣid Syarī’ah terkait Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di Permodalan Nasional Madani Mekaar Cabang Kalipucang. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan bersifat deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif. Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dijadwalkan tiga minggu satu kali, yang didalamnya terdapat pembinaan serta pendampingan Permodalan Nasional Madani Mekaar kepada nasabah. Program ini bisa membantu masyarakat dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan membantu para nasabah agar memiliki inovasi untuk membuat suatu produk yang mempunyai nilai jual. Adanya pembinaan dan pendampingan bisa mempengaruhi motivasi para pelaku usaha agar terus semangat mengembangkan usahanya. Dalam perspektif Maqāṣid Syarī’ah terpenuhinya perlindungan jiwa (ḥifẓ an-nafs) dalam program PKU ini ialah para nasabah bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil produk yang mereka ciptakan. Perlindungan akal (ḥifẓ al-‘Aql) dalam program PKU ialah diadakannya sosialisasi mengenai wirausaha dan menjadikan nasabah mendapat wawasan yang luas. Dan perlindungan harta (ḥifẓ al-Māl) ialah bisa menjaga harta yang telah dimiliki oleh para nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), Maqāṣid Syarī’ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Windi Artifatul Jannah sdri
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:50
Last Modified: 16 Feb 2022 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item