PRAKTIK JUAL BELI TANAMAN KENTANG DENGAN PERJANJIAN BERSYARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Siremeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang)

YUSUF, BAHTIYAR (2022) PRAKTIK JUAL BELI TANAMAN KENTANG DENGAN PERJANJIAN BERSYARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Siremeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto..

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUSUF BAHTIYAR_PRAKTIK JUAL BELI TANAMAN KENTANG DENGAN PERJANJIAN BERSYARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan kita tidak dapat lepas dari bantuan orang lain, adapun usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya di antaranya yaitu dikenal dengan jual beli. Pada praktik jual beli tanaman kentang dengan perjanjian bersyarat ini dengan mengunakan cara saling percaya dalam kerjasama untuk melakukan penanaman. Dalam kerjasama semacam ini, setelah panen petani disyaratkan menjual seluruh kentang yang dipanen kepada pengepul atau pemodal, bukan kepada pihak lain, dan harga jual kentang ditentukan oleh penyedia modal. Oleh karena itu, hasil panen yang dijual petani kepada pengepul akan dipotong untuk menggantikan harga benih yang diberikan pemodal kepada petani pada awal perjanjian. oleh karena itu maka penulis tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut. Fokus permasalahan pertama adalah: Bagaimana praktik jual beli tanaman kentang dengan perjanjian bersyarat dan Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap jual beli tanaman kentang dengan perjanjian bersyarat di Desa Siremeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan mencari sumber data secara langsung ketempat yang menjadi objek penelitian. Data primer diperoleh melalui metode wawancara antara peneliti dengan pengepul dan beberapa petani di Desa Siremeng, dan data sekunder diambil dari rujukan pustaka yang berupa buku-buku, jurnal, hasil penelitian serta bahan lainnya yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode normatif sosiologis, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian penulis menganalisis data menggunakan metode induktif. Adapun hasil penelitian ini adalah Praktik jual beli tanaman kentang dengan perjanjian bersyarat ini tidak terlepas dari akad bersyarat maka ditinjau segi segi kemaslahatanya dari syarat tersebut dan sudah memenuhi dari rukun dan syarat jual beli yang pada umumnya maka sudah terpenuhi sehingga jual beli itu hukumnya sah. dengan memperhatikan segala aspek muamalah maka syarat tersebut adalah syarat yang dibolehkan dan sebisa mungkin harus atau wajib dipenuhi oleh pihak petani. Namun syarat tersebut tidak mempengaruhi transaksi jual beli. Jadi dianggap tetap sah transaksi jual beli tersebut meskipun suatu syarat tersebut tidak dapat dipenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik Jual Beli, Perjanjian Bersayarat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yusuf bahtiyar sdr
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:30
Last Modified: 16 Feb 2022 04:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item