PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR DI TK ISLAM TERPADU AL-FATAH GUMELEM KULON, SUSUKAN, BANJARNEGARA

TUTI, MAHARYATI (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR DI TK ISLAM TERPADU AL-FATAH GUMELEM KULON, SUSUKAN, BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TUTI MAHARYATI_1522406068.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Belajar termasuk sebagai bentuk keperluan bagi setiap insan di hidupnya. Belajar juga bisa dikatakan sebagai proses perilaku yang lebih baik sehingga siap dan berhasil mengatasi berbagai masalah individu dan lingkungan. Piaget berpendapat bahwa belajar merupakan suatu proses hubungan timbal balik siswa dan lingkungan yang selalu mengalami perubahan secara kontinuitas.Jenis Penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau Field Research dengan metode Ex Post Facto dan teknik analisis data statistik regresi linier sederhana. Pengumpulan data yang diperoleh melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil nilai signifikansi dari tabel Coefficient diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas 0,05 atau 0,038 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, jadi pengaruh variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah positif.Sedangkan besarnya angka pengaruh tersebut dapat dilihat pada hasil uji regresi linear yang diperoleh dengan hasil 0,059 pada R Square yang mengandung pengertian bahwa kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 5,9% termasuk pengaruh yang lemah tetapi termasuk pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tuti Maharyati sdrii
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:04
Last Modified: 15 Feb 2022 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item