PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2013/2014

NGATIK MARTIANI, NIM.102336006 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NGATIK MARTIANI_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk mencoba meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika di MI dan SD. Berbagai metode, strategi atau pendekatan, model pembelajaran dan media digunakan dalam pembelajaran matematika. Salah satu yang dapat digunakan dalam mata pelajaran matematika adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Apakah jika pembelajaran matematika di kelas V dengan menggunakan model pembelajaran STAD akan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi menghitung volume kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika tentang menghitung volume kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) siswa kelas V MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Kedungjati yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan ulangan dan observasi. Teknik analitis data penelitian ini, menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dengan teknik prosentase. Dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang dilakukan di dapat hasil ulangan yang dilakukan sebelum peneliti melakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata 56,5. Pada siklus I menjadi 63,3 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat 50%. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa tentang menghitung volume kubus dan balok meningkat menjadi 73,4 atau meningkat 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran STAD.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:08
Last Modified: 28 Sep 2016 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item