PENERAPAN NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM PADA PENJUALAN AYAM PEDAGING DENGAN SISTEM BROKER (STUDI KASUS TOKO ANNA PS DI PASAR BARU MAJENANG)

Arindya, Rohmatul Ummah (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM PADA PENJUALAN AYAM PEDAGING DENGAN SISTEM BROKER (STUDI KASUS TOKO ANNA PS DI PASAR BARU MAJENANG). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Syaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arindya Rohmatul Ummah_Penerapan Nilai-Nilai Ekonomi Islam Pada Penjualan Ayam Pedaging Dengan Sistem Broker (Studi Kasus Toko Anna PS di Pasar Baru Majenang).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Islam memandang bahwa kehidupan yang dijalani oleh manusia di dunia ini hanyalah bagian kecil dari perjalanan kehidupan yang sesungguhnya, hal tersebut terjadi karena setelah kehidupan dunia akan masih ada kehidupan yang lain yaitu kehidupan akhirat yang sifatnya kekal dan abadi. Islam merupakan sebuah sistem kehidupan yang mana telah menyediakan aturan yang lengkap sebagai pedoman hidup manusia, termasuk aturan dalam bidang ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi, setiap muslim diwajibkan untuk tidak hanya mengejar keuntungan dunia melainkan juga mengedepankan keuntungan di akhirat. Hal tersebut dapat diperoleh dengan cara menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam yang terdiri dari lima nilai, yaitu: Nilai tauhid, nilai keadilan, nilai kenabian, nilai pemerintahan atau khilafah dan yang terakhir adalah nilai hasil. Dan toko Anna PS sudah menerapkan ke lima nilai-nilai ekonomi Islam tersebut sehingga diharapkan dalam proses transaksi jual belinya dapat mendapatkan ridha dari Allah SWT. Kemudian perjanjian yang dilakukan antara Toko Anna PS dan mitranya yaitu Rizki Broiler tidak menggunakan kontrak secara tertulis apalagi bermaterai. Kontrak hanya lisan melalui telepon. Hal ini dilakukan dengan alasan dasar rasa saling percaya dan tanggung jawab tinggi yang dimiliki kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Islam, Ayam Pedaging, Broker
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arindya Rohmatul Ummah sdri
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:55
Last Modified: 15 Feb 2022 07:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item