STRATEGI PENGELOLAAN EDUWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Kasus Taman Lazuardi Desa Susukan Kecamatan Sumbang Banyumas)

LUTHFIAH, BUDI UTAMI (2022) STRATEGI PENGELOLAAN EDUWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Kasus Taman Lazuardi Desa Susukan Kecamatan Sumbang Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Luthfiah Budi Utami_1717201107.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Taman Lazuardi merupakan objek wisata di Kabupaten Banyumas yang berbasis Edukasi dan berdiri pada tahun 2017 yang pada awalnya mengambil konsep sebagai etalase usaha Desa Susukan. Pada tahun 2018 melakukan pembaharuan dengan membuat outbound. Bebrapa kegiatan outbound yang dilakukan di Taman Lazuardi seperti, menanam bunga, menangkap ikan, ecobrick, membuat tempe, mengenal sapi, dan bermain di area Taman Lazuardi dengan wahana kolam renang dan berswa foto. Taman Lazuardi dibangun menggunakan dana desa dan dikelola oleh BUMDES. Di masa pandemi seperti sekarang tidak menyurutkan minat pengunjung untuk berwisata di Taman Lazuardi. Hal ini dikarenakan manajemen yang baik dalam pengembangan Taman Lazuardi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan analisis data pada penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan strategi pengelolaan eduwisata pada masa pandemi covid-19 terhadap eksistensi Taman Lazuardi mengimplementasikan strategi pengelolaan yang efektif dengan berbagai evaluasi pada sektor-sektor unggulan dan peningkatan pelayanan dalam situasi pandemi covid-19 meskipun pada tahun 2020 terdapat penurunan jumlah pengunjung akibat kebijakan PPKM yang dilakukan pemerintah terhadap semua sektor termasuk pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan, Eduwisata, Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
700 The arts > 706 Organizations and management
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luthfiah Budi Utami sdr
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:46
Last Modified: 15 Feb 2022 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item