KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA PENGASUH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Desa Dukuhwaluh Kembaran Banyumas)

Harist, Fatur Rahman (2022) KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA PENGASUH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Desa Dukuhwaluh Kembaran Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HARIST FATUR RAHMAN_KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA PENGASUH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh-Purwokerto terdapat keluarga sekaligus dewan pengasuh yang mengajar serta mendidik santri. Dalam kesehariannya, keluarga pengasuh memiliki kesibukan. Baik dalam hal mengurus pondok pesantren, mengurus keluarga maupun mengurus kesibukan pekerjaannya atau kesibukan lain yang ada diluar. Dalam membangun keluarga, tentu ada prinsip yang dipegang oleh masing-masing keluarga. Jika diamati, masing-masing keluarga dalam menjalani kehidupan rumah tangganya berbeda-beda. Hal tersebut tentu didasari atas faktor-faktor yang melatarbelakangi masing-masing keluarga tersebut. Dalam penelitian ini, fokus permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana pandangan dan upaya keluarga pengasuh Pondok Pesantren Darussalam dalam mewujudkan keluarga sakinah serta keterkaitannya dengan Hukum Keluarga Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dan pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan normatif dan sosiologis dimana dalam literatur Islam yang terkait dengan norma-norma keagamaan akan dihubungkan dengan realitas sosial yang terjadi dalam masyarakat. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari subjek penelitian yakni keluarga pengasuh, sedangkan sumber data sekundernya berasal dari literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara observasi aktivitas keseharian keluarga pengasuh, wawancara dengan keluarga pengasuh, dan dokumentasi berupa identitas dari keluarga pengasuh. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa menurut keluarga pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, keluarga sakinah adalah keluarga yang pada dasarnya mempunyai tujuan ibadah kepada Allah SWT serta keluarga yang bisa merasakan ketenangan, kenyamanan, dan bahagia seperti yang disebutkan dalam Q.S. Ar-Rum ayat 21. Dalam hak dan kewajiban, keluarga pengasuh menjalankan prinsip muba>dalah yang bersifat fleksibel dengan tujuan menjadi mudah untuk menyesuaikan keadaan dan kondisi. Untuk membentuk dan mempertahankan keluarga sakinah harus dengan niat dan komitmen yang kuat diantara suami dan istriserta komunikasi yang baik dengan memperhatikan masing�masing karakter dari suami maupun istri dan harus mempunyai rasa saling memahami terhadap kekurangan dan kelebihan pasangan. Keluarga Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam mendekati kategori Keluarga Sakinah III Plus jika disesuaikan dengan Surat Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1999 mengenai Pembinaan Gerakan Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakinah, Keluarga Pengasuh
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Harist Fatur Rahman sdr
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:51
Last Modified: 15 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12717

Actions (login required)

View Item View Item