ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOFOOD (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna Layanan GoFood di Purwokerto )

Mutia, Elza Ana (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOFOOD (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna Layanan GoFood di Purwokerto ). Skripsi thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
ELZA ANA MUTIA_Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan GoFood (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna Layanan GoFood di Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin memudahkan manusia dalam melakukan transaksi dimanapun mereka berada, salah satunya dengan menggunakan handphone yang di dalamnya terdapat aplikasi play store merupakan pasar aplikasi yang canggih dan berisi banyak sekali kategori aplikasi yang ditawarkan. Salah satunya yang populer saat ini adalah aplikasi Gojek dimana salah satu layanan yang mendapat perhatian yaitu jasa pesan antar makanan atau GoFood. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan GoFood pada Generasi Z di Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna layanan GoFood usia dewasa 18 sampai 25 tahun (Generasi Z) di Purwokerto. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis. Dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 0,05 dan nilai thitung 2,843 > ttabel 1,985. Artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t (parsial) pada variabel harga menunjukan bahwa nilai signifikansi pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan adalah 0,02 < 0,05 dan nilai thitung 3,144 > ttabel 1,985. Artinya terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan secara signifikan. Sedangkan kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan fhitung 20,329 > nilai ftabel 3,09. Artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara signifikan. Dalam pandangan Islam, harga yang ditetapkan oleh perusahaan GoFood sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam, yaitu berdasarkan prinsip keadilan. Suka sama suka dari kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan atau tidak ada paksaan dan untuk kualitas pelayanan, Islam memandang bahwa perusahaan GoFood dalam menjalankan usahanya sudah memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elza Ana Mutia
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:18
Last Modified: 14 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item